Jalan2 Uye, Krabi Yang Santai Nyaman Dan Damai

Loading...

Hola Deffa Here !!!

Balik lagi dengan lanjutan Field Report perjalanan 10 hari 3 Negara, setelah kemaren KL dan Bangkok sekarang mau lanjut Krabi oiya cerita yang lain bisa di cek kesini ya

KUALA LUMPUR MELAYU YANG MODERN

KULINER + JALAN JALAN + SHOPPING = BANGKOK

Oiya Field Report ini agak panjang karena saya nulis nya se detil mungkin buat kalian yang baru pertama kesini jadi harap maklum ya 😀

KRABI

Sebuah propinsi di timur Bangkok ini mempunyai wisata alam dan bahari yang cukup bagus, sering disebut2 sebagai Phuket versi Sepi atau Quiet Phuket, kenapa ? Karena ya emang disini lebih sepi dari Phuket atau Pattaya yang merupakan kota wisata bahari, yang crowded oleh wisatawan muda nya. Di Krabi lebih banyak wisatawan dewasa (berumur) jadi bisa di bilang lebih santai disini.

18 Februari 2014

Tiba pukul 17.00 WIB di Krabi International Airport dari Don Muang Bangkok perjalanan cuma 1 jam menggunakan Air Asia seharga 1.100 baht.

Sampai di bandara saya kira karena Krabi ini kota kecil jadi bandara nya juga ya gak bagus. Namun lumayan bagus kok nuansa bandara itu Putih, dan cukup modern saya rasa lebih bagus dari bandara Husein Sastranegara Bandung 😛

Beres imigrasi, langsung ke counter Shuttle Bus, oiya saya sudah pesan penginapan di PN Guesthouse di Krabi Town 3 malam Double Bed seharga 1380 baht. Untuk Shuttle Bus dari Airport ada dua destinasi yaitu Krabi Town 90 baht peorang dan Ao Nang 120 baht perorang. Oiya sebelom nya aku jelasin dlo. Krabi ini terbagi dua daerah utama yaitu Krabi Town dan Ao Nang. Krabi Town ya di tengah kota, Ao Nang lebih dekat pantai. Jadi kalo pengen yang sepi pilih Krabi Town, tapi kalo pengen agak ramai dikit ke Ao Nang.

Ok naik Shuttle Bus ke Krabi Town perjalanan sekitar 20 menit, melewati lambang kota Krabi yaitu Crab Statue (Patung Kepiting) dan gak nyangka ternyata pool Shuttle Bus nya deket dengan Guesthouse saya tinggal gelinding 3 kali sampe hehehe.

Check in penginapan sekitar pukul 18.00 WIB resepsionis nya bisa English dan agak lucu menyenangkan, dia langsung tanya ke saya ada rencana apa besok, dan dia sodorin aja beberapa paket tour yang ada di Krabi, saya tinggal pilih dikasih diskon hotel katanya.

Saya dapet di lantai 2 Double Bed dan ada Balkon nya juga, penampakan kamar nya bagus luas ada TV Kabel, WIFI, Kamar Mandi Luas, Shower dan Toilet Duduk, Bersih. Saya rasa ini Worth untuk permalam Rp. 150 ribuan 😀

IMG_0584 IMG_0585

Karena udah lapar saya putuskan untuk cari makan malam, setelah mandi sekitar pukul 20.00 WIB langsung menuju pelabuhan (Port) di dekat penginapan. Cukup dekat jalan kaki 500 meteran ketemu deh seperti foodcourt di pinggir pelabuhan aja. Oiya untuk soal makanan buat Muslim, hampir semua makanan di Krabi ini HALAL. Karena berbeda dengan Bangkok / Phuket / Pattaya. Di Krabi mayoritas agama ISLAM. Jadi jangan heran kalo kalian jarang nemuin tempat makan yang tidak ada logo HALAL nya (biasanya Chinese Food) heheheh

Malam itu saya pesan makanan Vegetables Mix Seafood + Rice + Ice Tea = 60 baht. Untuk IMG_0589makanan harga nya hampir sama murah dengan Bangkok seh, namun pilihan disini lebih banyak seafoodnya. Oiya kalo pesen Ice Tea pasti dikasih nya Red Thai Tea, kalo pengen Es Teh Gula, pesennya Ice Chinese Tea harga nya sama aja seh.

Beres makan malam sekitar pukul 22.00 WIB saya putuskan untuk balik ke guesthouse untuk istirahat, buat besok lanjut lagi 😀

19 Februari 2014

yup Day 2 di Krabi hari ini belum ada tujuan pasti mau kemana, tapi udah ada bayangan seh yang pasti ke Tiger Cave temple wajib 😀

Pukul 10.00 WIB beres mandi, sarapan roti + air mineral di sevel deket penginapan seharga 21 baht. Oiya disarnkan di Krabi sewa motor atau mobil (kalo destinasi yang jauh) karena selain jauh2, angkutan umum sedikit dan jarang. Jadi saya sewa dari penginapan, motor matic Yamaha Nouvo 200 baht (di tempat lain 250 baht). Isi bahan bakar dlo Petrol (mungkin sekelas Pertamax) 3 liter 111 baht. Cukup lah buat seharian. Oiya kalo sewa di luar hotel biasanya di minta paspor nya, tapi kalo dari penginapan gak perlu 😀

Ok tujuan pertama saya ke Ao Nang yang berjarak sekitar 40 km an dari Krabi Town. IMG_0596Kondisi cuaca di Krabi panasnya kayak Jakarta mungkin karena daerah pantai ya jadi ke kulit lengket (item lagi saya). Perjalanan gak ada macet, jarang ada kendaraan apapun lewat di jalan raya nya. Jadi perjalanan sekitar 1 jam 30 menit itu santai aja. Di perjalanan menuju Ao Nang ketemu dengan susunan Bukit Kars yang keren, itu pertanda kalo Ao Nang udah dekat.

Destinasi pertama saya langsung ke Ao Nang Beach, akhirnya mantai juga, karena masih siang hari bolong pukul 11.30 WIB jadi masih sedikit orang disini, tapi udah ada bule2 yang berjemur tapi kebanyakan opa oma hehehehe. Oiya kalo mau ambil Boat ke Phi Phi Island atau 4 Island dan Hong Island bisa dari sini namun bukan paket tour ya. Yaudah sambil nyantai saya putuskan untuk makan siang dlo di kaki lima daerah Ao Nang Beach ini.

Pukul 12.00 WIB saya makan siang milih menu Ao Nang Fried Rice Shrimp + Ice Tea = 80 baht. Dan lagi2 di Ao Nang ini makanan HALAL semua karena kata nya seh pusat penyebaran Islam di Thailand itu di Ao Nang, disini banyak banget Mesjid nya.

IMG_0608 IMG_0609

Pukul 13.30 WIB perut udah kenyang dan matahari panasnya udah agak berkurang lanjut lagi ke Ao Phra Nang Beach yang cuma 5 menit dari Ao Nang Beach. penampakan Ao Phra Nang Beach ini mirip Resort gitu,  dan disinilah dermaga kapal2 yang mau berangkat tour ke Phi Phi Island / 4 Island / Hong Island. Oiya di pantai ini juga ada pulau kecil yang kalo air lagi surut kita bisa jalan kaki ke sana, tapi biasanya cuma pagi hari surutnya sekitar pukul 7 – 9 pagi.

IMG_0605

IMG_0607

Udah puas di Ao Phra Nang Beach saya lanjutkan ke Fossil Shell Beach yang cukup dekat dari Ao Nang Beach sekitar 30 menitan lah naik motor. Ketika saya sampai sepi2 aja walaupun katanya ini salah satu wisata favorit di Krabi, kebetulan yang jaga tiket gak ada jadi saya masuk aja gratisan hahahaha.

Penampakannya disini adalah Pantai dengan garis pantai yang kecil, namun lebih banyak karang dan banyak Kerang-Kerang mati yang bertumpuk jadi karang lagi. Pukul 15.00 WIB saya putuskan balik ke penginapan dlo untuk ngadem karena Krabi panas. Oiya selama perjalanan pulang saya sempat foto2 di beberapa spot yang kayaknya di khususkan untuk ambil backgorund Bukit Kars

Sekitar pukul 16.30 WIB saya cukup istirahat dan berangkat ke destinasi terakhir hari ini yaitu Tiger Cave Temple yang masih berada di Krabi Town jadi dekat perjalanan sekitar 20 menit naik motor. Penampakan temple ini adalah ada sebuah Temple yang di dalam nya ada kandang Macan. Yang konon katanya salah satu dewa agama Hindu. Namun yang menarik bukan Temple nya tapi mendaki 1237 anak tangga ke Temple diatas gunung nya. Oke lah saya jalanin.

300 anak tangga masih oke lah tenaga masih ada, namun setelah tangga ke 500 sekian udah mulai kram perut, napas habis, air minum habis pula. Untungnya banyak bule2 baik yang baru turun dari puncak dan mau membagikan air minumnya. Mereka selalu bilang “Don’t rush, take your time, still long way to go, best of luck” hahahaha. Tangga ke 700an udah mau nyerah aja deh, tapi ke bayar ama pemandangan di atas ini keren, saya bersantai sejenak kebetulan ada WC di atas sini dan bersih loh. Oiya banyak monyet disini jadi hati2 barang2 nya. Ketika udah masuk anak tangga ke 900an ukuran anak tangga nya jadi lebih kecil dan lebih tinggi, jadi butuh tenaga 2 kali dari anak tangga biasa. Dan ketika udah liat di selusur pegangan tangga nya angka 1100an semangat 45 dah kebut ampe puncak.

IMG_0637 IMG_0640

Pukul 17.30 WIB saya sampai di puncak. dengan perjalanan naik tangga selama 1,5 jam. Disini ternyata ada temple lagi dan patung Buddha yang gede. Ada pasangan dari India yang minta tolong di potoin dan saya juga minta tolong potoin hehehe. “Its Great To Be On Top”. Oiya ada tempat air minum juga, keran air gitu ya lumayan.

Dan satu kejadian lucu disini adalah saya ketemu dengan Supir Tour saya selama liburan diIMG_0666 Phuket tahun 2012 lalu cek KESINI namanya Ray. Dia negur saya “Hey, where are you from ?” dan saya langsung spontan teriak “Ray Phuket” bahahahahahaa. One in a million chance banget donk bisa ketemu kenalan dari negara lain dan di daerah lain pula dan spesialnya itu di puncak Tiger Cave Temple. Setelah puas poto2 dan cerita2, dia lagi bawa tamu dari Phuket ke Krabi via darat  (mobil) Phuket – Krabi 4 jam an lah.

Udah puas ngobrol dengan “Teman Lama” dan akhirnya saya turun ke bawah perjalanan turunnya seh gampang 30 menit an lah. Oiya sepanjang perjalanan turun saya juga jadi nyemangatin yang lagi mau naik hehhe.

Akhirnya sampai di bawah lagi Pukul 19.00 WIB, langsung cari minum, sialnya toko disana udah pada tutup. Untung pas keluar komplek Tiger Cave Temple ini ada warung gitulah beli minum dlo 10 baht.

Selama perjalanan pulang saya mampir dlo di lambang nya Krabi yaitu Mr Crab (Spongebob keles :P) tapi beneran loh Crab Statue / Pating Kepiting poto2 dlo, tapi lagi banyak tour yang kesini jadi gak dapet angle yang pas, ya lumayanlah 😀

IMG_0673

IMG_0677

Pukul 20.00 sampe di penginapan istirahat dlo mandi, langsung cabut makan malam di tempat yang sama kayak kemaren. Kali ini makannya Ayam Bakar + Rice = 60 baht sajo. IMG_20140219_200138Didekat sini ada Andaman Tour & Travel nanya2 paketnya ke Phi Phi Island dan Hong Island, Phi Phi 1200 baht, Hong Island 1000 baht perorang. Kayaknya Phi Phi gak usah deh tahun 2012 udah cek KESINI. Kali ini saya pilih Hong Island aja saya tawar akhirnya turun jadi 800 baht lumayan lah udah include makan siang paker Longtail Boat.

Beres tawar menawar langsung ke Sevel beli semacam Pop Mie buat sarapan besok pagi karena di jemput Pukul 08.00 pagi seharga 20 baht.

Pukul 22.00 WIB balik ke Guesthouse istirahat 😀

20 Februari 2014

Pukul 06.00 Pagi udah mandi dan bikin sarapan Pop Mie sekaligus prepare apa aja yang mau di bawa ke Hong Island, karena pasti ada Snorkeling nya saya siapin Waterproof Pouch untuk Iphone 4S saya biar bisa poto2 sambil snorkeling 😀

Pas pukul 08.00 WIB mobil jemputan datang pake mini van gitu, ternyata saya peserta pertama di Krabi Town ini, ada 5 orang lagi yang di jemput, total 6 orang lah. Lanjut berangkat ke Ao Phra Nang Beach di Ao Nang.

Pukul 09.00 sampe, di data dlo oleh Tour Leader nya. Akhirnya kumpul semua peserta IMG_0684nya, karena yang ke Phi Phi dan 4 Island juga dari sini jadi keliatan banyak orang. Untuk yang ke Hong Island ber 18 orang. Pukul 09.30 WIB kapal berangkat menuju destinasi pertama.

Pukul 10.00 WIB sampe lah di destinasi pertama Daeng Island, berupa kumpulan Batu Kars jadi gak ada pantai nya. Disini kita Snorkeling selama 1 jam. Sayang nya ombak nya lagi besar banget jadi agak kurang enjoy seh Snorkeling nya kebawa arus terus hehehe.

IMG_0704 IMG_0695

Ok next ke destinasi berikut nya Hong Island. Pukul 11.30 WIB sampai lah disini, dermaga nya rada unik pake dermaga plastik gitu. Pemandangan di Hong Island lumayan lah gak kalah ama Maya Bay nya Phi Phi Island. Disini dikasih waktu 1 jam. Saya maen air setengah jam disini, pemandangan khas bukit2 Batu Kars sangat kental banget dan eksplor area hutan nya terkking. Selama trekking ada petunjuk kalo disini dlo tempat warga sekitar ngungsi pas Tsunami 2004. Dan ada beberapa petunjuk untuk konservasi burung juga disini.

Udah 1 jam akhirnya balik lagi ke kapal. Uniknya ketika saya naik kapal dan saya ucapkan salam “Assalamu alaikum” semua crew kapal dan petugas Dermaga Hong Island, spontan balas “Walaikum salam” heheh lumayan jadi pusat perhatian juga, turis lain pada heran soalnya. Akhirnya jadi bisa ngobrol ama crew kapal kalo di Krabi mayoritas Muslim dan dia jarang denger tamu2 nya ucapin “assalamu alaikum” ketika naik kapalnya 😀

IMG_0759

 

Destinasi berikut nya Hong Island Lagoon cuma berjarak 10 menit dari Hong Island, ya  berupa laguna gitu kumpulan bukit2 kars kita menyusuri jalan di tengah nya, cuma poto2 dari atas kapal aja.

Lanjut ke destinasi berikut nya Lading Island disini kita makan siang. Sampe sini sekitar Pukul 1.30 WIB, udah lapar banget. Tour Leader yang saya ajak ngobrol tadi langsung nyamperin saya kode nya “Makan duluan aja” yaudah saya makan paling pertama hahahaha. lading Island ini pulau dengan garis pantai yang kecil dan dikelilingi Bukit2 Kars yang tinggi bagus juga, namun sayang sarana prasarana nya kurang, Toiletnya kotor banget. Mungkin karena pulau tak berpenghuni seh. Disini kita habis kan waktu 2 jam.

Ok beres pukul 3.00 WIB saat nya pulang ke Ao Phra Nang Beach perjalanan sekitar 1 jam. Sampe sekitar pukul 04.00 WIB. Langsung di antar lagi kali ini naik Tuk Tuk nya Krabi perjalanan sekitar 30 menit sampe ke Guesthouse. Istirahat bentar.

Pukul 19.00 WIB udah lapar, balik lagi ke tempat makan kemaren hehehe, masih banyak makanan yang beloms aya coba soalnya. Kali ini makan Seafood + Krabi Fried Rice + Morning Glory (Kangkung) + Ice Tea = 150 baht hahaha maklum lapar 😛

Badan udah pegel2 pengen nyobain Thai Massage nya Krabi tapi udah capek banget IMG_0796yaudah pulang aja deh coz besok flight pagi 08.45 WIB. Sebelom ke penginapan saya mampir ke Pool Shuttle Bus , booking buat besok ke Airport paling pagi pukul 07.00 WIB seharga 90 baht.

Pukul 21.00 WIB istirahat dah. 😀

21 Februari 2014

Agenda saya hari ini cuma satu yaitu ke Airport untuk Flight Krabi – Kuala Lumpur, yak betul saya balik lagi ke Kuala Lumpur, jadi tahun ini saya 2 kali ke Kuala Lumpur hahahaha.

Bangun pukul 05.00 WIB mandi dan prepare packing, pukul 06.00 check out dari Guesthouse. Taro barang di shuttle bus dlo. Terus saya ke sevel beli Roti + Air Mineral = 15 baht

Pukul 07.00 WIB Shuttle Bus berangkat, mampir2 dlo ke beberapa Poolnya dan tiba di Airport sekitar pukul 07.45 WIB. Karena pagi ini Airport Krabi lagi penuh banget kayaknya. Untung yang destinasi Kuala Lumpur Air Asia masih sepi, yaudah saya check in langsung menuju ke Waiting Room. Eh pas di bagian Scanning Tas Kabin saya di stop donk. Karena botol sabun dan sampo saya kebih dari 100 ml. Disita donk, padahal isi nya masih banyak Bah.

Ya udah deh pasrah nunggu bentar di Waiting Room, Pukul 09.00 WIB Flight Air Asia – Kuala Lumpur Take Off. Bye Bye Krabi Kota yang Tenang dan Damai 😀

Kesan di Krabi, seperti judul tulisan saya ini, Krabi itu kota yang tenang (santai), nyaman dan damai. Dari segi fasilitas publik masih kurang tapi cukup lah, karena di sini emang sepi seh bawaan tuh pengen nyantai terus disini. Untuk Hong Island overall lumayan lah walaupun masih belom se keren Phi Phi Island dan James Bond Island, tapi bagus kok 😀

Tips di Krabi :

1. Selalu sedia Air Minum Botolan karena letak yang jauh2 belom tentu kalian bisa nemu warung / sevel lagi di tengah jalan. Air Minum yang pas ada di Sevel 6 baht judulnya 7 Select.

2. Lebih baik sewa motor atau mobil karena lokasi disini jauh2, juga angkutan umum jarang, kalopun naik angkutan umum dari krabi town- ao nang = 90 baht PP jadi 180 baht, sewa motor seharian 200 baht worth kan

3. Krabi itu cuma ada 2 destinasi utama Krabi Town dan Ao Nang tapi kalo pengen yang anti mainstream ada satu lagi yaitu Klong Muang gak jauh seh dari Krabi Town

4. Bagi kalian yang takut item sediakan Sunblock Cream karena matahari nya nyengat banget, contoh hasilnya adalah saya jadi item gini 😛

5. Pake provider lokal thailand untuk internetan saran saya dtac happy touris package 300 baht free internet 7 hari + 100 baht free call. berguna banget. Ada di bandara kok, kalo gak di sevel juga ada

6. Karena disini ngandelin Wisata Bahari jadi kalo mau wisata shopping kayaknya salah tempat, tapi kalo weekend di Krabi Town ada Night Market juga kok banyak Kuliner dan Barang2 murah

7. Kalo kalian pengen tempat yang santai dan tenang pilih Krabi Town, kalo pengen yang agak crowded dan ada Nightlife nya pilih Ao Nang

8. Ini rekomendasi paket tour di Krabi namanya Barracudas Tour

Semoga Beguna ya Jangan Lupa Di Follow Blog Saya ya 😀

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
Loading...

About Deffa

Halo saya Deffa Utama, suka banget traveling dalam dan luar negeri dan juga antusias dalam hal dunia Digital Marketing. Selamat datang di Blog saya ini semoga berguna.
View all posts by Deffa →

2 thoughts on “Jalan2 Uye, Krabi Yang Santai Nyaman Dan Damai

  1. ka, dtac it bisa dipakai di seluruh thailand gk? soalnya mw 10 hari dan pindah2 kota, gk perlu gonta ganti provider kan ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *