5 Hari di Seoul: Bagian 4 (Petite France)

Kayak nya kalau udah sampai di Nami Island gak lengkap rasanya kalau gak mampir ke Petite France, itulah yang saya rencanakan ketika membuat itinerary untuk hari ke 4 dari petualangan 5 hari di Seoul saya di tahun 2016 lalu ini.

Petite France, nampak nya sudah sering terdengar ya, apalagi bagi kalian yang suka dengan Drama Korea, karena tempat wisata yang sangat terkenal ini sering sekali masuk jadi area shooting drama korea. Walaupun saya bukan penggemar DraKor namun tidak salah nya jika berkunjung kesini untuk pemuas rasa penasaran.

Oh ya, jika kalian terlewat untuk membaca cerita sebelum nya bagian 1, 2 dan 3 (Nami Island) kalian bisa baca lagi dengan mengklik link artikel di bawah ini:

Pengalaman Perdana 5 Hari di Seoul: Bagian 1

Pengalaman Perdana 5 Hari di Seoul: Bagian 2

5 Hari di Seoul: Bagian 3 (Nami Island)

Sesuai namanya “Petite France” yang di ambil dari nama sebuah kota kecil nan cantik di propinsi Strabourg, Perancis. Dimana Petite France ala korea ini di bikin sedimikian mirip dengan kota asli nya, walaupun tidak terlalu besar namun kita bisa merasakan suasana layak nya di Perancis.

Nah, bagi yang penasaran bagaimana isi nya dan cara menuju ke sini, silahkan di baca artikel nya ya. ūüôā

5 Hari di Seoul: Bagian 4 (Petite France)

5 Hari di Seoul - Petite France

Masih dalam rangkaian yang sama dengan cerita Nami Island dan di tanggal yang sama juga yaitu di 14 Maret 2016, ini adalah hari keempat saya di Seoul. Karena rute hari ini adalah keliling area Gapyeong termasuk di dalam nya Nami Island, Petite France dan Garden of the Morning Calm.

5 Hari di Seoul: Day 4

Itinerary Day 4 :

  1. Gapyeong Station
  2. Nami Island
  3. Petite France
  4. Garden of The Morning Calm
  5. Makan Malam Sam Gye Tang
  6. Dongdaemun Night Market

Ok setelah saya tiba lagi di Gapyeong Wharf sehabis explore Nami Island, saya langsung menuju ke Halte Shuttle Bus yang berada di depan parkiran Gapyeong Wharf ini. Oh iya, jika kalian mau berhemat, naik Shuttle Bus ini saja karena rute nya memang mengitari beberapa tempat wisata di Namiseom dan sekitar nya, harga tiket per hari 6000 won. Dari Gapyeong Wharf (Nami Island) itu sekitar 25 menit ke Petite France berikut jadwal bus nya yang perlu kalian perhatikan ya.

Petite France - Timetable Shuttle Bus

Petite France – Timetable Shuttle Bus

Cara lain untuk ke Petite France dari Nami Island ya menggunakan Taksi harga nya sekitar 3000 won one way trip.

PETITE FRANCE

Tiba di Petite France sekitar pukul 03.50 PM sebenarnya saya tidak punya waktu banyak di sini karena masih ada satu tempat lagi yang ingin saya kunjungi. Halte bus nya tepat berada di depan dari Petite France.

Petite France adalah salah satu destinasi wisata di Seoul tepatnya Gapyeong yang mempunyai konsep Desa Tradisional Perancis. Jadi di sini kita akan menemukan semua hal yang berhubungan dengan budaya Perancis loh.

Naik ke atas dekat gerbang siap kan kamera kalian karena wajib untuk berfoto di Logo dari Petite France ini

Petite France - Pintu Masuk

Petite France – Pintu Masuk

Masuk gerbang Petite France tentu nya disini adalah Tempat Penjualan Tiket Masuk nya. Berapa Harga Tiket Masuk Petite France?

  • Harga Tiket Petite France¬†untuk Wisatawan Asing 8000 Won 10.000 Won (Updated)
  • Harga Tiket Petite France untuk Wisatawan Lokal 10.000 Won

Petite France - Ticket Price

Petite France – Ticket Price

Yang di dapat adalah Tiket Masuk dan Booklet petunjuk Peta Petite France serta Jadwal beberapa pertunjukan yang ada di sini. Seperti ini lah peta nya.

Petite France - Map Petite France

Petite France – Map Petite France

AMPHITEATHER

Jadi, dari pintu masuk yang berada di ujung kanan peta di atas itu berjalan ke arah tengah atau kiri peta tidak jauh dari Gerbang. Karena sebenarnya ukuran dari Petite France ini tidak telalu besar saya rasa muterin satu komplek ini 30 menit sudah cukup.

Petite France - Amphiteather 1

Petite France – Amphiteather 1

Petite France - Amphiteather 2

Petite France – Amphiteather 2

Nah dekat gerbang ini akan bertemu satu area berupa Mini Stage gitu untuk berbagai pertunjukan dengan design eropa seperti teater musik seriosa dan kebetulan sedang ada satu Street Performance di sekitar Amphiteather yaitu seorang musisi yang bermain Accordion.

Petite France - Accordion Performer

Petite France – Accordion Performer

Saya tidak tahu lagu yang di mainkan tapi menarik, kesan Eropa dari lagu itu terasa. Pas dengan konsep yang ada disini. Pertunjukkan ini sehari ada 3 kali jadi perhatikan jam pertunjukannya ya

PETITE EVENT HALL

Berjalan lagi ke arah barat yang sebenarnya dekat dari area Amphiteather ini saya kepincut dengan satu ikon dari Kota Paris, apalagi kalau bukan Menara Eiffel. Tapi yang disini adalah versi miniatur nya jadi tidak terlalu tinggi, cukup lumayan untuk foto-foto.

Petite France - Mini Eiffel

Petite France – Mini Eiffel

Oh ya bagi kalian penyuka Drama Korea alias DraKor pasti tempat ini jadi salah satu menu wajib kalian, karena salah satu setting Drama Korea populer yaitu My Love From The Star, mengambil adegan disini loh, apalagi ada adegan ciuman nya Kim Soo-hyun dan Jun Ji-hyun di sini juga dan DraKor lain nya seperti Secret Garden juga setting disini.

Petite France - Secret Garden

Petite France – Secret Garden

FOUNTAIN SQUARE

Nah disini saya suka banget, saya rasa kesan Desa Tradisional Perancis abad pertengahannya kerasa di sini, dimana di tengah-tengah terdapat air mancur dan di kelilingi bangunan khas eropa. Bangunan tersebut di isi oleh kafe dan toko souvenir, jangan lewatkan spot ini ya.

Petite France - Fountain Square 1

Petite France – Fountain Square 1

Petite France - Fountain Square 2

Petite France – Fountain Square 2

MAISON d’ORGEL

Tempat ini adalah sebuah Museum Orgel. Orgel adalah sebuah alat musik mirip piano namun mempunyai suara khas yang berasal dari Pipa yang dilalui oleh udara. Orgel dan Accordion memang identik sekali dengan budaya Eropa karena kedua alat musik ini juga diciptakan di Eropa.

Karena tempat ini juga berupa pertunjukkan namun lebih tepat nya¬†Guided Tour¬†dimana ada salah satu petugas yang memberikan informasi dan sedikit pertunjukkan tentang sejarah Orgel di Eropa dan Korea. Namun sayang nya menggunakan bahasa Korea, jadi saya cuma menikmati aja kecantikan petugas nya. ūüėÄ

Selain Orgel juga terdapat semacam Music Box yang masih di putar dengan tuas dan menggunakan semacam piringan sebagai media suara dan musik nya.

Petite France - Maison d'Orgel 1

Petite France – Maison d’Orgel 1

Petite France - Maison d'Orgel 2

Petite France – Maison d’Orgel 2

EXHIBITION OF ANTIQUE PORCELAIN

Jalan lagi, kali ini ke ujung timur dari kompleks ini terdapat sebuah Exhibition Hall yang memamerkan kerajinan tangan berupa barang antik terbuat dari keramik porselen dan juga beberapa lukisan ala eropa kuno bernama Exhibition of Antique Porcelain. Saya kurang paham sih tentang kerajinan tangan ini, namun yang saya paham adalah bangunan ini Photo Spot banget, jadi tempat yang bagus buat foto-foto.

Petite France - Antique Porcelain 1

Petite France – Antique Porcelain 1

Petite France - Antique Porcelain 2

Petite France – Antique Porcelain 2

OUTDOOR CAFE AUNT STELLA

Beralih lagi ke area di Barat, karena saya melihat kok banyak sekali orang berkumpul disini dan penasaran, ternyata terdapat Outdoor Cafe Aunt Stella, yang menyajikan menu makanan dan minuman ringan seperti Kopi, Teh dan Pizza. Harga nya bervariasi, tapi yang favorit adalah Soft Ice Cream serta Pizza nya masing-masing harganya 3000 won. Di sini juga terdapat area bermain anak berupa sebuah Mini Castle.

Petite France - Aunt Stella Cafe

Petite France – Aunt Stella Cafe

Petite France - Mini Castle

Petite France – Mini Castle

OBSERVATORY

Beranjak ke bagian paling timur dari Kompleks ini terdapat sebuah menara Observasi untuk kita bisa melihat sekeliling kompleks ini dari atas, namun karena sedang di tutup jadi saya tidak bisa naik. Namun ada yang unik. Ternyata vandalisme juga tidak hanya terjadi di Indonesia namun juga di tempat wisata di Korea Selatan ini loh dan salah satu pelaku nya juga ada dari Indonesia. ūüėÄ

Petite France - Vandalisme

Petite France – Vandalisme

BAND OF FABRE

Di dekat Observatory ini terdapat sebuah jembatan kayu yang menghubungkan sisi barat dan timur via jembatan jadi langsung lurus saja lebih dekat. Dan di tengah-tengah dari jembatan ini terdapat beberapa patung serangga yang di gambarkan sebagai musisi yaitu Band of Fabre. Nah, view dari sini juga cukup menarik untuk di abadikan.

Petite France - Top Views

Petite France – Top Views

BUTTERFLY PARK

Lalu di ujung dari Jembatan Kayu itu kita akan bertemu dengan sebuah Taman Kecil atau Mini Garden yang di sebut Butterfly Park. Sebenarnya, tidak bisa di bilang taman juga karena hanya terdapat beberapa kursi dan meja lalu terdapat patung-patung dari Kupu-Kupu baik yang kecil dan besar. Namun, view nya juga cukup bagus karena ini berada di titik tertinggi dari kompleks Petite France.

Petite France - Butterfly Park 1

Petite France – Butterfly Park 1

Petite France - Butterfly Park 2

Petite France – Butterfly Park 2

THEATRE de l’ETOILE

Setelah melalui Butterfly Park dan jalan sedikit ke arah Timur kita akan bertemu lagi dengan sebuah bangunan teater namun kali ini versi indoor atau dalam ruangan bernama¬†Theatre de l’Eteoile, saya tidak tahu artinya apa mungkin bahasa Perancis ya. Tapi mungkin ada hubungannya dengan¬†Pinokio, karena di teater ini terdapat pertunjukkan dari Boneka Kayu Pinokio.

Petite France - Teather de l'etoile 1

Petite France – Teather de l’etoile 1

Petite France - Teather de l'etoile 2

Petite France – Teather de l’etoile 2

Karena selama pertunjukkan tidak boleh foto atau video jadi garis besarnya adalah hampir sama dengan cerita Pinokio yang selama ini kita tahu yaitu Papa Gepeto membuat Pinokio dari kayu menjadi Boneka Kayu, lalu datang peri membuat Pinokio hidup, Pinokio banyak berbohong hidung nya jadi panjang, lalu penyelamatan Papa Gepeto dari di telan Ikan Paus dan akhirnya Happy Ending. Semua ini di lakukan oleh teater boneka kayu. Pertunjukkan berlangsung selama 20 menitan.

Oke sehabis beres dari Pinokio House ini saya pun putuskan untuk menyudahi kunjungan di Petite France, karena waktu juga sudah menunjukkan pukul 04.30 PM. Sudah mau gelap tapi saya masih ada 1 destinasi lagi yaitu Garden of the Morning Calm. Keluar dari Petite France saya membeli air putih dan sedikit snack untuk pengganjal perut total seharga 3000 won. Di depan Petite France ini ada semacam Mini Mart jika kalian mau belanja makanan dan minuman lebih murah dari pada di dalam

Sekian perjalanan saya ke Petite France kali ini semoga berguna bagi yang membutuhkan info nya, sebenarnya masih banyak spot lain nya di sini dan juga beberapa pertunjukkan nya juga yang saya skip karena waktu. Namun jika kamu punya waktu lebih di sarankan punya waktu luang sekitar 4 – 5 jam untuk explore seluruh tempat ini. Dan pengelola dengan baik hati sudah memberikan beberapa Spot Foto yang bagus bisa kalian ikuti

PENGELUARAN PETITE FRANCE

Petite France - Pengeluaran Dana

Petite France – Pengeluaran Dana


Tambahan informasi bagi kalian yang perlu itinerary 5 hari di Seoul saya ini, bisa langsung baca ke artikel di bawah ini ya:

5 Days Itinerary in Seoul to Nami Island

 

 

,

About Deffa

Halo saya Deffa Utama, suka banget traveling dalam dan luar negeri dan juga antusias dalam hal dunia Digital Marketing. Selamat datang di Blog saya ini semoga berguna.
View all posts by Deffa →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *