5 Hari di Seoul: Bagian 6 (Dongdaemun Night Market)

Halo semua kembali lagi di cerita perjalanan saya 5 hari di Seoul. Kali ini sudah masuk ke edisi terakhir yaitu bagian ke 6 yang bercerita tentang Dongdaemun Night Market, dimana ini masih lanjutan dari hari ke 4 berkeliling di daerah Gapyong: Nami Island, Petite France dan The Garden of Morning Calm.

Sepulang nya saya dari daerah Gapyong (Namiseom) tersebut saya habis kan waktu malam terakhir di daerah Dongdaemun, karena menurut banyak blog disini terdapat Dongdaemun Night Market yang terkenal murah dan ramai. Juga, terdapat banyak kuliner khas Korea Selatan yang wajib di coba.

Jadi, jika kalian juga mau eksplor di Dongdaemun Night Market, baca terus ya cerita ini. Semoga berguna!

5 Hari di Seoul: Bagian 6 (Dongdaemun Night Market)

5 hari di seoul: dongdaemun night market

Itinerary:

01. Samgye-tang in Dongdaemun
02. Explore Dongdaemun Night Market

Ketika saya tiba kembali di Seoul sehabis dari Nami Island, Petite France dan The Garden of Morning Calm sudah gelap, jadi saya putuskan langsung menuju ke DDP Cultural Park Station. Oh ya, jika kalian penasaran dengan cerita di Nami Island, Petite France dan The Garden of Morning Calm, bisa klik link di bawah ini ya:

5 Hari di Seoul: Bagian 3 (Nami Island)

5 Hari di Seoul: Bagian 4 (Petite France)

5 Hari di Seoul: Bagian 5 (The Garden of Morning Calm)

SAMGYE-TANG in DONGDAEMUN

Setibanya di Dongdaemun Historical & Cultural Park Station atau DDP, saya memutuskan untuk mencari restoran yang menyajikan satu makanan khas korea yaitu Samgye-tang. Saya pilih di DDP ini agar dekat dengan penginapan saya, jadi kalau pulang tidak jauh.

Akhirnya, saya tanya ke teman saya yang tinggal di Seoul Margareth Theresia (Mega), dimana tempat makan Sam Gye Tang yang enak dan gak mahal? Dapatlah satu nama tempatnya masih di daerah DDP ini, karena namanya menggunakan tulisan Hangeul jadi saya kurang tahu, tapi lokasi nya di belakang dari Lotte Fitin Fashion Mall.

Dongdaemun Night Market - Lotte Fitin Mall

Dongdaemun Night Market – Lotte Fitin Mall

Di mall ini juga banyak barang-barang fashion diskonan dan ada Tax Refund nya. Di belakang dari Lotte Fashion Mall ini memang ada banyak restoran, ada satu restoran yang bikin saya tertarik karena ada menu Samgyetang nya disana dan harga nya juga standar jadi saya pilih disini.

Dongdaemun Night Market - Restaurant 1

Dongdaemun Night Market – Restaurant 1

Dongdaemun Night Market - Restaurant 2

Dongdaemun Night Market – Restaurant 2

Selain Samgye-tang dengan harga 13.000 Won, saya juga memesan Kalguksu Chicken harga 7000 Won. Samgyetang adalah sup ayam Ginseng Korea, sup ini berisi satu ekor ayam muda dan juga terdapat nasi yang di masukkan ke dalam badan ayam tersebut. Jadi, ketika kita membelah ayam terdapat nasi di dalam nya. Rasa nya segar dan hangat di tenggorokan karena ada ginseng nya, mungkin perbedaan lidah, yang di Seoul ini kurang asin sedangkan yang di Indonesia saya rasa pas asin nya, atau mungkin kurang Micin :P.

Dongdaemun Night Market - Samgyetang

Dongdaemun Night Market – Samgyetang

Sedangkan Kalguksu Chicken adalah masakan berupa mie yang mempunyai kaldu ayam. Cukup sederhana hanya Mie Kaldu Ayam namun rasa nya ya berbeda dengan Mie Instan Kaldu Ayam.

Dongdaemun Night Market - Kalguksu Chicken

Dongdaemun Night Market – Kalguksu Chicken

Ya tidak lupa juga Kimchi dkk nya menyertai. Overall, saya suka rasa makanan nya, walaupun Samgyetang nya harus saya tambah garam lagi. Dengan total harga 20.000 Won. Ini makan malam terakhir saya di Seoul jadi ingin yang berkesan. 😀

Dongdaemun Night Market - Menu Set

Dongdaemun Night Market – Menu Set

DONGDAEMUN NIGHT MARKET

Satu hal lagi, karena ini malam terakhir di Seoul, saya masih penasaran dengan Dongdaemun Night Market, karena katanya tiap malam ada night market di sekitar dongdaemun ini. Akhirnya, saya cari juga dan ternyata memang banyak sekali yang berjualan di pinggir jalan di area trotoar dengan membuka seperti Warung Tenda yang dagangannya mostly makanan, fashion dan kebutuhan sehari-hari.

Saya menjumpai Dongdaemun Night Market ini di dekat DDP Station exit 5, saya rasa di exit lain juga ada. Saya hanya beli satu baju untuk anjing kecil saya si Filo seharga 10.000 Won.

Dongdaemun Night Market - Market

Dongdaemun Night Market – Market

Akhirnya, saya pun pulang ke penginapan di Yakorea Hostel Dongdaemun dekat Cheonggu Station. Hanya beda 1 Station dari DDP ini. Kemudian, mulai packing karena besok pagi saya harus flight menggunakan Air Asia ke Kuala Lumpur – Bandung.

5 HARI DI SEOUL: DAY 5

Flight saya pukul 09.35 AM, jadi saya sudah berangkat dari penginapan sekitar pukul 05.00 AM. Nah, disini kesialan terjadi lagi seperti yang saya alami ketika berangkat dari Bandung – KL dan KL – Osaka di cerita sebelum nya, yaitu Last Minute Call. Oh ya, saya mendapatkan tiket Promo Air Asia ini sekitar 1.3 jutaan dari Air Asia Carnival tahun sebelumnya.

Mungkin karena masih ngantuk saya jadi kurang fokus untuk memperhatikan arah tujuan dari Subway yang harus saya naiki. Dari Cheonggu Station yang harus nya naik Line 6 ke Gongdeok Station, saya malah ke arah sebalik nya yaitu Samgakji Station, sehingga Makin menjauh dari bandara.

Saya pun tertidur di Subway itu, mungkin sekitar 30 menitan saya baru sadar kalau salah arah dan langsung bergegas balik arah menuju ke Bandara Incheon. Rute yang seharus nya adalah Cheounggu Station Line 6, turun di Gongdeok Station, lalu naik Arex All-Stop Train ke Incheon. Jadi, saya sudah wasting time sekitar 30 menitan dan di tambah lagi jalan balik arah sekitar 45 menit lebih.

Tiba di Bandara Incheon pun langsung lari dan bergegas, untung di bagian imigrasi tidak lama (bayangkan jika keadaannya seperti di Imigrasi KLIA2). Walaupun tiba di Gate sudah Last Minute Call, masih keburu naik pesawat.  Sayapun mencetak Hat-Trick, 3 kali berturut-turut dalam satu kali trip mengalami Last Minute Call. 😛


Sekian cerita perjalanan saya selama 5 hari di Seoul. Kesan saya tentang Seoul sangat menyenangkan, lebih murah dari Jepang tentunya dan perlu waktu yang lebih untuk explore tempat wisatanya agar bisa menikmati.

Semoga cerita perjalanan saya ini berguna bagi kalian yang juga mau ke Seoul. Saran saya baca dari bagian pertama ya agar bisa mengikuti. Silahkan di Share jika berkenan. 😀

Oh ya, jika kalian butuh versi PDF dari Itinerary 5 Hari di Seoul saya ini silahkan comment di artikel ini dan cantumkan email kalian, nanti saya kirim atau kalian bisa baca langsung saja di link di bawah ini:

5 Days Itinerary in Seoul to Nami Island

 

,

About Deffa

Halo saya Deffa Utama, suka banget traveling dalam dan luar negeri dan juga antusias dalam hal dunia Digital Marketing. Selamat datang di Blog saya ini semoga berguna.
View all posts by Deffa →

52 thoughts on “5 Hari di Seoul: Bagian 6 (Dongdaemun Night Market)

          1. Hi kak deffa
            Minta tolong kirim iten nya ya ke email saya.
            Sekalian boleh sarannya. Kl sy mau nginap di daerah hongdae dket hongik univ d mengikuti iten kakak apakah tdk mslah ? atau ada kendala jauh or ongkos lbh besar ? trimakasih

          2. Ok nanti saya email ya.

            Tidak ada masalah kok menginap dimana saja, karena kan di Seoul pake Subway kemana2 dekat dan ongkos nya jauh dekat juga tetap 1250 won sekali naik

  1. Trimakasih Daffa…artikelmu sangat detail dan sangat membantu. Mohon kiranya bisa share ke.saya dalam.versi pdf
    Trimakasih

  2. hai deffa,salam kenal.
    aku ngikutin perjalanannya dari day 1 sampe last day.ini informatif bangeeet,
    boleh minta format pdf nya?
    thanks for sharing 🙂

  3. Hai kak Deffa, salam kenal. Makasih banyak ya, udah sharing pengalamannya secara detail. Hehhehe.
    Kak mau nanya, aku ada rencana pengen ke sana bareng keluarga. Menurut kakak, lebih hemat transportnya kalo pake subway/bus/taxi? (kita sekeluarga 5 org kak). Btw bisa minta itenerary-nya? Trimakasih sebelumnya

    1. Halo Claudy,

      kalau mau hemat ya Subway dan Bus, karena kedua hal ini terintegrasi. Seperti saya tulis di cerita bagian2 awal. 1250 won bisa untuk naik Subway lanjut Bus, asal tahu cara nya (sudah di tulis juga)

        1. Kalau lebih murah saya kurang tahu juga, karena belum pernah pakai Taxi. Tapi, kan taxi maksimal 4 orang + 1 supir (setahu saya ini wajib) dan tergantung jarak nya juga, sama kayak di Indonesia pake Argo.

          1. oh okok. Makasih banyak infonya ya kak.
            Btw minta itenererynya dong kak, hehehe.

  4. Halo Deffa, saya suka sekali blog nya. Sangat informatif buat saya yg masih bingung mau ngapain aja 9 hari di Seoul heheh. Saya mau ikutin itinerary kamu. Boleh tolong share ke email saya kah itinerary-nya? Terimakasih sebelumnya 🙂

  5. Halo Deffa
    Makasih banget udah cerita semua pengalaman nya. Postingannya rapi banget trus lengkap juga.
    Pengen juga dong itinerary nya buat refenrensi . Terimakasih 😀

  6. hai kak deffa salam kenal. tulisannya bagus sekali kak. boleh kah minta rincian ittinerary nya. terimakasih banyak ya

      1. Kak kayaknya belum di email deh itinerary selama dk korea nya. Email dong kak karena bulan depan mau apply visa. Itin kak deffa sangat membantu. Thanks a lot kak

  7. Saya baca semuaa bagian, wow sangat membantu. Tolong di email dong kak mau saya follow jg buat itinerary saya hehe. Makasih

  8. Mas Deffa mau yaa itinerary dikirim ke email saya, info nya sangat berguna dan jelas buat yg pertama kali ke Korea..terima kasih ya Mas

  9. Halo Deffa, makasih atas artikelnya, komplit bgt. Mau nanya nih, kalo nyampe di Incheon pk.21.20 (blm koper, imigrasi dll) apakah masih bisa naek subway ke seoul? Thank you

    1. Kayak nya gak keburu deh soal nya kereta terakhir jam 11 malam, di bagian 1 atau 2 saya udah tulis table schedule kereta nya coba di cek

  10. hi , im mawar , may i know how much total for 5 days you in korea for t-money ? extra public transport ? and how much money you bring there ? tq :))

  11. Hai…boleh kah di share pdf perjalanan ke korea ini? Btw, sharing perjalanannya lengkap sekali lhoo.. Help a lot! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *