Cara Membeli Tiket Doraemon Museum di Loppi Machine

Halo semua, saya kembali lagi mau menulis rangkaian cerita perjalanan baru nih. Kali ini, saya mau cerita tentang perjalanan saya dan istri di bulan Februari 2018 kemarin. Kami, berdua melakukan perjalanan Babymoon trip ke Jepang. FYI, ini kali ketiga saya pergi ke Jepang, jadi tidak terlalu canggung.

Namun, sebelum saya cerita panjang lebar tentang perjalanan kami 9 hari di Jepang dengan rute: Osaka-Kobe-Kyoto-Takayama-Shirakawago-Yokohama-Tokyo ini, saya akan menuliskan beberapa cerita singkat (perintilan) yang mungkin bisa berguna.

Cara Membeli Tiket Doraemon Museum di Loppi Machine

Doraemon Museum atau Fujiko F Fujio Museum masuk dalam list itinerary kami untuk kunjungan ke Jepang kali ini, karena kami berdua lahir pada era yang sama, dimana Doraemon jadi salah satu tontonan favorit di masa kecil. Maka, rasanya gak lengkap jika tidak berkunjung ke Doraemon Museum nya.

Sebelum cerita lebih jauh tentang seru nya di Doraemon Museum, ada hal yang sangat penting dan saya yakin kalian juga sedang mencari info nya yaitu Cara Membeli Tiket Doraemon Museum di Loppi Machine Lawson Store, ya kan?

Mungkin kalian sudah pernah dengar kalau tiket doraemon museum ini hanya bisa di beli di Jepang lebih tepat nya di Convenience Store bernama Lawson di seluruh Jepang. Nah, di dalam Lawson Store tersebut ada satu Vending Machine khusus bernama Loppi Machine, yang digunakan untuk menjual tiket Doraemon Museum, Ghibli Studio, Universal Studio Japan dan banyak lagi.

Sayang nya, vending machine ini hanya menggunakan Bahasa Jepang, tidak ada fitur ganti bahasa ke Bahasa Inggris apalagi Bahasa Indonesia (Bahasa Inggris hanya di bagian fitur Information saja, selebih nya Bahasa Jepang). Sebelum berangkat, kami telah melakukan riset tentang tata cara penggunaan Loppi Machine tersebut.

Simak ya langkah-langkah untuk membeli tiket Doraemon Museum di Loppi Machine berikut:

1. Cari Lawson Store Terdekat

Saran, lebih baik ketika baru tiba di Bandara Jepang (manapun), sempatkan untuk langsung ke Lawson Store di bandara tersebut, karena Tiket Doraemon Museum dan Ghibli Studio ini laku keras, jadi cepat sekali habis nya. Apalagi untuk Doraemon Museum kunjungan perhari nya dibatasi. Untuk di Bandara Kansai International Airport, Lawson Store ada di Lantai 2 (Domestic Departure).

Doraemon Museum - Lawson Store

Doraemon Museum – Lawson Store

2. Sentuh Layar Loppi Machine

Jika layar dalam keadaan mati cukup di sentuh saja untuk menyalakan kembali, sistem Loppi Machine ini menggunakan LED Touch Screen.

Doraemon Museum - Loppi Machine

Doraemon Museum – Loppi Machine

3. Pilih Fujiko F Fujio Museum

Karena pilihannya berupa Bahasa Jepang, cari panel box biru di layar yang ada inisial huruf F (lihat gambar). FYI, jika kalian mau membeli tiket untuk Studio Ghibli ataupun Universal Studio Japan, cara nya sama kok dengan ini, jadi kalian bisa ikuti saja langkah-langkahnya.

Doraemon Museum - Pilih Fujiko F Fujio Museum

Doraemon Museum – Pilih Fujiko F Fujio Museum

4. Pilih Bulan Kunjungan ke Doraemon Museum

Kunjungan kami di bulan Februari 2018, jadi saya pilih yang kedua. Perhatikan angka 2 di baris pertama dari pilihan tersebut, bukan angka 2017 – 12 – 30 di bawahnya.

Doraemon Museum - Bulan Kunjungan

Doraemon Museum – Bulan Kunjungan

5. Pilih Tanggal Kunjungan ke Doraemon Museum

Kami memilih tanggal 9 Februari (sesuaikan dengan pilihan kalian).

Doraemon Museum - Tanggal Kunjungan

Doraemon Museum – Tanggal Kunjungan

6. Pilih Jam Kunjungan ke Doraemon Museum

Sesuaikan dengan waktu kunjungan kalian. Disini kami memilih pukul 14:00 PM. FYI, ada 4 jam kunjungan ke Doraemon Museum:

– Pukul 10:00 AM
– Pukul 12:00 PM
– Pukul 14:00 PM
– Pukul 16:00 PM

Doraemon Museum - Jam Kunjungan

Doraemon Museum – Jam Kunjungan

7. Info Tentang Harga Tiket Doraemon Museum

Sayangnya berbahasa Jepang, jadi cukup tekan tombol YES, panel box kuning di sudut kanan bawah layar.

Doraemon Museum - Harga Tiket Doraemon Museum

Doraemon Museum – Harga Tiket Doraemon Museum

8. Memilih Jumlah Tiket

Tekan tombol yang di tengah (lihat gambar), lalu akan muncul pilihan 3 jenis tiket:

– 1000 yen untuk dewasa
– 700 yen untuk lansia (60+)
– 500 yen untuk anak-anak

Setelah memilih jumlah nya, tekan tombol YES, panel box kuning di sudut kanan bawah layar.

Doraemon Museum - Memilih Jumlah Tiket 1

Doraemon Museum – Memilih Jumlah Tiket 1

Doraemon Museum - Memilih Jumlah Tiket 2

Doraemon Museum – Memilih Jumlah Tiket 2

9. Info Syarat & Ketentuan

Lanjut saja tekan tombol YES lagi.

Doraemon Museum - Syarat & Ketentuan

Doraemon Museum – Syarat & Ketentuan

10. Memilih Fitur Pembayaran

Jika kalian tidak punya sistem pembayaran PONTA (Cashless), tekan panel biru X untuk menuju ke pembayaran Cash.

Doraemon Museum - Memilih Fitur Pembayaran

Doraemon Museum – Memilih Fitur Pembayaran

11. Isi Nama dan Nomor Telepon

Tekan tombol seperti di gambar bawah, untuk mengganti dari abjad Hiragana menjadi abjad Latin. Lalu isi dengan Nama (kolom atas), Nomor Telepon (kolom bawah). Nomor telepon bisa di isi dengan nomor handphone Indonesia saja kok. Lalu tekan YES lagi.

Doraemon Museum - Nama & Nomor Telepon 1

Doraemon Museum – Nama & Nomor Telepon 1

Doraemon Museum - Nama & Nomor Telepon 2

Doraemon Museum – Nama & Nomor Telepon 2

12. Checkout

Ini sesi terakhir sebelum resi pembayaran di print oleh Loppi. Kalian bisa mengecek info nya dari Tanggal, Jam dan Jumlah Tiket yang akan di beli di sesi ini. Lalu tekan panel Yes di pojok kanan bawah layar dan 1 kali lagi tombol YES yang besar di tengah layar.

Doraemon Museum - Checkout 1

Doraemon Museum – Checkout 1

Doraemon Museum - Checkout 2

Doraemon Museum – Checkout 2

13. Bayar Tiket di Counter Lawson

Bawa resi pembayaran dari Loppi Machine ke counter Lawson Store untuk membayar tiket nya dan mendapatkan tiket nya.

Doraemon Museum - Resi Pembayaran

Doraemon Museum – Resi Pembayaran

14. Tiket Doraemon Museum

Selamat kalian sudah berhasil mendapatkan Tiket Doraemon Museum. Ini dia bentuk tiket nya. Usahakan datang lebih awal dari jam kunjungan ya, karena jumlah kunjungan di batasi, kalau kalian terlewat ya hangus dan tidak bisa masuk museum nya.

Doraemon Museum - Tiket Doraemon Museum

Doraemon Museum – Tiket Doraemon Museum

15. Intermezzo

Walaupun kami sudah persiapan dengan melakukan riset cara menggunakan Loppi Machine ini, tetap saja agak kebingugan ketika di bagian 10. Memilih Fitur Pembayaran. Akhirnya, kami minta tolong pegawai Lawson Store untuk membantu kami. Jadi, jika kalian juga mengalami kesulitan, jangan ragu-ragu minta tolong ke pegawai nya ya, karena mereka sudah pasti akan membantu.

16. Pembelian Tiket Doraemon Museum Secara Online

Sebenarnya, pembelian tiket doraemon museum secara online juga bisa kok via aplikasi/website Klook. Namun, saya masih kurang mengerti sistem di Klook. Ada yang bilang: “Sebelumnya pesan tiketnya online di Klook, nanti pas sudah di Jepang, kita tukar vouchernya dengan tiket aslinya di Bandara atau ditempat yang sudah di tunjuk oleh pihak Klook”.

Namun, ketika saya coba, untuk kunjungan bulan Februari 2018 (saya coba ketika bulan Januari 2018), tiket untuk Februari belum tersedia dan juga waktu untuk pengambilannya di Bandara Kansai International Airport adalah pukul 08:00 – 22:00, sedangkan saya sudah harus jalan pukul 05:30 AM, jadi tidak pas waktu nya. Tapi, bagi kalian yang mau coba via online bisa kunjungi website mereka di: Tiket Fujiko F Fujio Museum

17. Pertanyaan?

Ya, jika kalian masih bingung dan ada yang mau ditanyakan seputar Doraemon Museum, silahkan tulis di komentar ya, saya akan sebisa mungkin menjawabnya sesuai pengalaman saya dan istri tentu nya.

18. Video Tutorialnya

Sebenarnya saya bikin video nya biar lebih gampang dipahami. Tapi nanti ya masih dalam pengerjaan, akan segera di update.

19. Website Resmi Fujiko F Fujio Museum

Kalian bisa cek langsung info lengkap tentang Doraemon Museum ini ke website resmi nya. Tenang, ada bagian yang berbahasa Inggris kok. Silahkan cek ke: Fujiko F Fujio Museum

20. Teaser Doraemon Museum

Biar gak penasaran, saya kasih teaser deh, daleman nya Doraemon Museum kayak apa hehehe. 😀

Doraemon Museum - Teaser

Doraemon Museum – Teaser


Untuk cerita di Doraemon Museum nya, di artikel selanjut nya ya. Karena, masih banyak nih lanjutan cerita nya selama 9 hari di Jepang. Belum lagi saya sempat makan Salju di Shirawakago 😛

Terima kasih sudah membaca, silahkan di Share dan Semoga Berguna. 😀

,

About Deffa

Halo saya Deffa Utama, suka banget traveling dalam dan luar negeri dan juga antusias dalam hal dunia Digital Marketing. Selamat datang di Blog saya ini semoga berguna.
View all posts by Deffa →

2 thoughts on “Cara Membeli Tiket Doraemon Museum di Loppi Machine

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *