Babymoon ke Jepang: Part 8 (Kawaguchiko-Akihabara)

Loading...

Babymoon ke Jepang! Akhirnya sudah memasuki bagian/hari ke 8 dari 9 hari Babymoon ke Jepang saya dan istri Februari lalu. Terima kasih bagi kalian yang masih terus mengikuti cerita kami ini. Untuk cerita kali ini berpusat di Kawaguchiko karena kami memang penasaran dengan pemandangan gunung Fuji. Oh ya, bagi kalian yang belum baca cerita sebelum nya bisa klik link nya di bawah ini ya:

9 Hari Babymoon ke Jepang: Kansai – Kanto (Part 1)

9 Hari Babymoon ke Jepang: Kansai – Kanto (Part 2)

9 Hari Babymoon ke Jepang: Kansai – Kanto (Part 3)

9 Hari Babymoon ke Jepang: Kansai – Kanto (Part 4)

Babymoon ke Jepang:  Part 5 (Takayama)

Babymoon ke Jepang:  Part 6 (Shirakawa-go)

Babymoon ke Jepang:  Part 7 (Kawasaki-Yokohama-Tokyo)

Sebelum cerita lebih jauh, penginapan AirBNB yang kami gunakan selama 2 malam di Tokyo kemarin recommended banget loh namanya Near【AKIBA】& University of Tokyo.

9 Hari Babymoon ke Jepang: Part 8 (Kawaguchiko-Akihabara)

Babymoon-ke-Jepang-Part-8

Babymoon ke Jepang Day 8

Itinerary:

  1. Shinjuku Expressway Bus Terminal
  2. Kawaguchiko Station
  3. Kawaguchiko Natural Living Center (Viewpoint no 22)
  4. Sunnide Resort (Viewpoint no 20)
  5. Kukuna Hotel (Viewpoint no 14)
  6. Akihabara

Di hari ini hampir seharian berada di Kawaguchiko karena perjalanan nya dari Shinjuku ke Kawaguchiko naik bus sekitar 2 jam.

Shinjuku Expressway Bus Terminal

Bangun sekitar pukul 05:00 AM yang dilanjutkan sarapan dari Family Mart yang di beli malam sebelumnya. Pagi ini kami berencana menuju ke Kawaguchiko untuk melihat gunung Fuji dari dekat dan sudah janjian bareng dengan om Erik dari Bali.

Setelah riset akhirnya saya menemukan cara mudah dan murah menuju ke Kawaguchiko dari Tokyo yaitu menggunakan Highway Bus. Harga tiket nya Shinjuku – Kawaguchiko Station PP 3500 yen/orang, dengan durasi perjalanan 1 jam 45 menit.

Note: Kalian bisa ke Kawaguchiko Station dari Shinjuku Station menggunakan kereta yang di cover oleh JR Pass atau Tokyo Wide Pass atau Single Ticket. Namun, biayanya lebih mahal dan waktu nya lebih lama.

Saya membeli tiket bus untuk keberangkatan pukul 07:55 Am nya via online dan saya sarankan online saja karena antrian di Terminal nya cukup banyak (tapi om Erik beli langsung di terminal tetap dapat walaupun beda bus). Website nya klik DISINI.

Babymoon ke Jepang - Shinjuku Expressway Bus Terminal
Babymoon ke Jepang – Shinjuku Expressway Bus Terminal
Babymoon ke Jepang - Ticket Counter
Babymoon ke Jepang – Ticket Counter

Dan ini bus nya, di dalam nya ada free Wifi dan colokan listrik loh, jadi jangan khawatir gak bisa exist.

Babymoon ke Jepang - Highway Bus ke Kawaguchiko
Babymoon ke Jepang – Highway Bus ke Kawaguchiko

Kawaguchiko Station

Perjalanan sekitar 1 jam 45 menit ini di temani suasana winter (salju) di kiri kanan jalan. Oh ya, karena rute bus ini juga melalui Fuji-Q Highland, jadi sebelum tiba di Kawaguchiko Station, bus menepi dahulu untuk menurunkan penumpang di area Theme Park ini. Saya sempat foto penampakan Roller Coaster nya yang terkenal itu dari dalam bus.

Babymoon ke Jepang - Fuji-Q Highland
Babymoon ke Jepang – Fuji-Q Highland

Sekitar 10 menit dari Fuji-Q Highland tibalah di Kawaguchiko Station. Station nya kecil tapi didalamnya terdapat toko Souvenir dan beberapa Travel Agents yang menawarkan paket keliling Kawaguchiko. Akhirnya bertemu dengan Om Erik lagi di sini.

Babymoon ke Jepang - Kawaguchiko Station
Babymoon ke Jepang – Kawaguchiko Station

Oh ya, kami sudah membeli masing-masing tiket bus untuk pulang ke Shinjuku di pukul 14:55 PM, namun setelah melihat map Kawaguchiko, kami putuskan hanya mengunjungi 3 viewpoints saja. Jadi kami putuskan untuk menukar jam keberangkatan kami jadi pukul 12:50 PM, karena masih ada beberapa destinasi yang ingin dikunjungi di Tokyo.

Proses penukaran jam keberangkatan ini sangat mudah, cukup langsung ke Ticket Counter (antri) di bagian dalam Station dan langsung berikan Tiket (Booking Print jika online). Lalu kita akan diberikan pilihan jam keberangkatan yang masih tersedia dan ini GRATIS.

Di sini juga kami membeli tiket Retro Bus/Omni Bus Kawaguchiko. Ini adalah shuttle bus wisata yang mengelilingi semua spot wisata (viewpoints) yang ada di area Kawaguchiko. Terdiri dari 3 jalur yaitu Red Line, Green Line dan Blue Line. Harga tiket nya 1500 yen/orang unlimited selama 2 hari untuk semua Line.

Babymoon ke Jepang - Omni Bus Ticket Price
Babymoon ke Jepang – Omni Bus Ticket Price

Jangan lupa mengambil brosur dan map wisata yang ada di sini ya, gratis kok. Berikut map jalur masing-masing Omni Bus (Red, Green dan Blue Line)

Babymoon ke Jepang - Map Omni Bus
Babymoon ke Jepang – Map Omni Bus

Tips: Jika kalian seperti kami hanya cuma waktu beberapa jam saja di Kawaguchiko ini, lebih baik tidak perlu beli tiket Omni Bus ini, cukup bayar cash langsung ke driver nya. Karena rute terjauh dari station hanya 480 yen sekali naik. Tapi, jika kalian berkunjung selama 2 hari di sini, tiket ini sangat berguna untuk berhemat.

Halte untuk shuttle bus ini ada di area paling depan dari Kawaguchiko Station, ikut saja plang atau keramaian yang sedang antri naik bus kecil.

Babymoon ke Jepang - Halte Omni Bus
Babymoon ke Jepang – Halte Omni Bus

Kawaguchiko Natural Living Center (Viewpoint no. 22)

Jadi tujuan pertama kami bertiga adalah viewpoints yang paling jauh dan paling bagus view gunung Fuji nya yaitu viewpoints no. 22 atau Kawaguchiko Natural Living Center. FYI, istri saya mengetahui spot ini dari Instagram nya si incess Syahrini loh :P. Perjalanan ini sekitar 30 menit dan di tiap viewpoints shuttle bus akan berhenti.

Babymoon ke Jepang - Omni Bus Schedule
Babymoon ke Jepang – Omni Bus Schedule

Tiba di viewpoints no. 22, suasana winter masih terasa dimana tumpukan salju masih ada di beberapa area. Di sini kita bisa menemukan Parking Spot, Cafe dan Toko Souvenir dengan background Gunung Fuji yang sangat jelas.

Babymoon ke Jepang - Kawaguchiko Natural Living Center
Babymoon ke Jepang – Kawaguchiko Natural Living Center

Namun sayang, ketika kami datang puncak Gunung Fuji nya tertutup oleh awan, jadi jika kalian ingin melihat Fuji secara utuh di sarankan lebih pagi, mungkin sebelum pukul 9:00 AM sudah di spot ini. Tapi, bagi kami bertiga ini sudah cukup untuk membayar rasa penasaran kami dengan gunung Fuji.

 

Babymoon ke Jepang - Gunung Fuji
Babymoon ke Jepang – Gunung Fuji
Babymoon ke Jepang - Fuji Viewpoint
Babymoon ke Jepang – Fuji Viewpoint

Tips: Oh ya, jika kalian ingin lebih dekat lagi untuk melihat Gunung Fuji ada namanya Fuji 5th Station. Station ini berada di sekitar 45 menit darai Kawaguchiko Station (ada bus dari sini). Namun, hanya di buka selain Winter season. 

Sunnide Resort (Viewpoint no. 20)

Kami pun melanjutkan lagi ke viewpoints berikut nya yaitu di Sunnide Resort hanya beda 2 halte dari Natural Living Center dengan menggunakan Omni Bus lagi. Oh ya, ketika menunggu bus kami berkenalan dengan beberapa wisatawan dari Indonesia, memang semenjak Jepang memberikan Free Visa kepada Indonesia, makin banyak wisatawan Indonesia explore Jepang.

Di Sunnide Resort ini, kita bisa melihat lebih dekat danau Kawaguchi, dimana di beberapa area masih di selimuti es. Oh ya, di dekat sini juga ada Nagasaki Park, namun karena winter sedang di tutup.

Babymoon ke Jepang - Sunnide Resort Viewpoint
Babymoon ke Jepang – Sunnide Resort Viewpoint

Kukuna Hotel (Viewpoint no. 14)

Viewpoints terakhir yang kami kunjungi adalah viewpoint no. 14 di depan Kukuna Hotel. Di viewpoint ini selain pemandangan Gunung Fuji dan Danau Kawaguchi juga di kejauhan bisa terlihat jembatan Kawaguchiko-ohashi Brige.

Babymoon ke Jepang - Kukuna Hotel Viewpoint
Babymoon ke Jepang – Kukuna Hotel Viewpoint

Yak selesai kunjungan ke beberapa viewpoints yang ada di Kawaguchiko ini. Namun, ada beberapa viewpoints dan tempat wisata di Red Line ini yang juga cukup menarik untuk di kunjungi:

  • Fuji Museum (no. 9)
  • Ropeway (no, 11)
  • Azagawa Onsen Town (no. 13)
  • Kozantei Ubuya (no. 15)
  • Kawaguchiko Musim Forest Museum (no. 17)
  • Kawaguchiko Monkey Show Teather (no. 19)

Yang tidak mungkin bisa di kunjungi semua nya dalam 1 hari. Mungkin kunjungan berikutnya kami akan menginap di area ini minimal 2 malam agar bisa menikmati wisata di Red, Green and Blue line.

Kawaguchiko Station

Kembali lagi ke station ini sekitar pulu 11.30 AM, sambil menunggu bus yang akan mengantar kami kembali ke Shinjuku Expressway Terminal kami pun membeli makan siang di Family Mart terdekat seharga total 1000 yen.

Babymoon ke Jepang - Highway Bus Ticket
Babymoon ke Jepang – Highway Bus Ticket

Tepat pukul 12:50 PM bus pun berangkat dan perjalanan ini ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam, karena ada sedikit traffic jam.

Shinjuku Expressway Bus Terminal

Setiba nya di Shinjuku Expressway Terminal kami langsung menuju ke Shinjuku Station yang berada di gedung seberang.

Oh ya, sedikit intermezzo, sebenarnya di hari sebelumnya saya sedikit teledor. Kami menitipkan beberapa tas di Locker seharga 500 yen/hari dekat Shinjuku Station, namun lockernya bukan menggunakan Coin melainkan Tap Kartu PASMO/Suica. Nah, kartu PASMO yang saya gunakan untuk Locker nya hilang, untungnya saya sempat mem foto informasi tentang Locker yang kami gunakan dan resi nya. Jadi kemarin tas tidak bisa di ambil.

Nah, hari ini kami mengunjungi Tourist Information Center terdekat di Shinjuku ini dan memberi tahu kondisi kami dengan menunjukkan resi nya. Lalu, petugas menelepon pengelola Locker tersebut untuk datang dan membuka locker nya. Tidak lama setelah verifikasi (ditanya isi locker seperti tas warna apa dan ada berapa tas). Akhirnya tas pun kembali, namun karena melebihi waktu penggunaan 24 jam jadi kena biaya lagi sebesar 500 yen. Mungkin pengalaman unik ini sedikit berguna bagi kalian yang nanti mengalami hal yang sama. 😀

Akihabara

Nampak nya kalau ke Tokyo tanpa mengunjungi Akihabara kurang lengkap ya, apalagi bagi penggemar elektronik. Yak, Akihabara atau lebih dikenal nya electronic town ini jadi destinasi berikut nya yang kami kunjungi hari ini. Dari Shinjuku Station – Akihabara Station menggunakan Chuo-sobu Line di cover oleh PASMO/Suica card.

Apa yang kami lakukan disini? Sebenarnya ini kunjungan ke 2 kali kami di Akihabara dan seperti biasanya kami belanja elektronik murah di toko second hand yang terkenal yaitu SOFMAP. Saya disini membeli handphone Asus Zenfone 3 Laser second seharga 12000 yen.

Babymoon ke Jepang - Sofmap Akihabara
Babymoon ke Jepang – Sofmap Akihabara

Lalu, seperti biasa berkeliling ke beberapa spot utama di Akihabara ini seperti AKB48 Teather, Gundam Cafe dan Mall Yodobashi-Akiba. Nah, di mall ini saya belanja lagi Kaos Original Tamiya seharga 1620 yen. Bagi angkatan 80-90 an seperti saya Tamiya adalah bagian dari perjalanan hidup. 😀

Babymoon ke Jepang - Gundam Cafe
Babymoon ke Jepang – Gundam Cafe
Babymoon ke Jepang - AKB48 Teather
Babymoon ke Jepang – AKB48 Teather

Hari sudah larut, kami pun berpisah dengan om Erik di stasiun Akihabara ini. Namun, saya dan istri masih lanjut untuk makan malam di Coco Ichibanya Akihabara yang letak nya tidak jauh dari SOFMAP. Memesan menu set masing-masing seharga 550 yen.

Babymoon ke Jepang - Coco Ichibanya
Babymoon ke Jepang – Coco Ichibanya

Karena sudah gelap kami pun menyudahi eksplorasi hari ini dan pulang ke AirBNB. Keesokan harinya adalah hari terakhir kami di Jepang Babymoon selama 9 hari. Namun, karena flight saya di malam hari, jadi masih ada 1 hari untuk keliling Tokyo lagi.


Demikianlah cerita perjalanan Babymoon kami di hari ke delapan dengan destinasi Kawaguchiko-Akihabara ini. Seperti yang saya tulis di atas, Kawaguchiko ini worth walaupun kalian hanya sebentar, apalagi jika bisa lebih dari 1 hari, karena selain area Kawaguchiko kalian juga bisa ke Fuji-Q Highland dan Chureito Pagoda yang letak nya tidak terlalu jauh. Semoga pengalaman kami ini bisa berguna.

Pengeluaran Day 8

  1. Tiket Bus Shinjuku-Kawaguchiko PP: 3500 yen x 2 = Rp. 861.000
  2. Tiket Omni Bus: 1500 yen x 2 = Rp. 370.000
  3. Makan siang Family Mart: 1000 yen = Rp. 123.000
  4. Coin Locker di Shinjuku: 1000 yen = Rp. 123.000
  5. Asus Zenfone 3 Laser SOFMAP: 12000 yen = Rp. 1.480.000
  6. Kaos Tamiya: 1620 yen = Rp. 200.000
  7. Coco Ichibanya: 1100 yen = Rp. 135.000

Note: Kurs saat itu 1 yen = Rp. 123, dan konversi ada yang saya bulatkan.

Ditunggu lanjutan hari terakhirnya ya. 😀

,
Loading...

About Deffa

Halo saya Deffa Utama, suka banget traveling dalam dan luar negeri dan juga antusias dalam hal dunia Digital Marketing. Selamat datang di Blog saya ini semoga berguna.
View all posts by Deffa →

2 thoughts on “Babymoon ke Jepang: Part 8 (Kawaguchiko-Akihabara)

  1. pantesan buru2 di kawaguchiko. half day doank ternyata hahaha. saya kemarin full day. separuh nya di chureito. separuhnya lagi cuman duduk2 di dekat momiji tunnel. kayak ngak ada kerjaan aja kan. ahahha

    btw akihabara kayaknya lebih seru kalo malam ya. musik + lampu toko2 di sana bikin greget. cuman ya itu AKB48 cafe nya udah tutup. cuman bisa foto di depan doank

    1. Yoi gue mau belanja di Akihabara 😛
      Ya dulu gue sempat pas gelap ke Akihabara, lampu neon dimana2 tapi gak liat sih kalau ada live music nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *