Cara Memaksimalkan Kyoto Bus One-Day Pass Selama 1-2 Hari

Loading...

Hola semua apa kabar? Saya baru pulang dari Jepang lagi untuk yang ke sekian kali nya, yang pastinya berkunjung lagi ke kota favorit saya yaitu Kyoto. Kota yang unik dengan nuansa tradisional khas Jepangnya yang masih terasa. Nah, kali ini saya ingin bahas soal moda transportasi nya, karena di Kyoto ini yang paling efisien dari harga dan waktu itu menggunakan Bus ditambah dengan Pass khususnya. Mari di simak cara memaksimalkan Kyoto Bus One-Day Pass ala saya berikut ini.

Cara Memaksimalkan Kyoto Bus One-Day Pass Selama 1-2 Hari

Bagi yang belum pernah ke Jepang, saya kasih info sedikit, living cost di Jepang itu cukup mahal bagi saya dan banyak lagi wisatawan dari negara berflower (berkembang) lainnya. Bagi saya, dengan kurs 1 yen = 130 rupiah itu sangat lah mahal. Nah, hebatnya pemerintah Jepang mengerti akan hal ini dan membuat peraturan yang bisa meringankan para wisatawan kere seperti saya untuk tetap menikmati negaranya.

Hadir lah banyak sekali Pass-Pass, yang bisa digunakan untuk moda transportasi, berkunjung ke objek wisata sampai untuk kulineran. Harga yang ditawarkan juga beragam sesuai kebutuhan. Mungkin kalian pernah dengar tentang JR Pass atau Kansai Thru Pass, kedua pass ini diperuntukkan khusus wisatawan untuk menghemat biaya transportasi selama di Jepang dan bisa menikmati banyak diskon masuk ke Objek Wisata dan Tempat Belanja.

Kyoto Bus One-Day Pass, ini adalah salah satu pass favorit saya, yang sesuai namanya hanya bisa digunakan di Kyoto untuk moda transportasi Bus. Secara singkatnya, kalian bisa naik bus seharian di Kyoto dengan harga 600 yen saja (harga naik dari 500 yen tahun lalu). Tidak peduli kalian mau naik turun berapa kali atau sejauh apapun destinasi nya, seharian itu Pass ini sudah mengcover semua nya.

Kyoto Bus One-Day Pass Ticket
Kyoto Bus One-Day Pass Ticket – 600 yen

Kenapa harus menggunakan Kyoto Bus One-Day Pass selama di Kyoto?

Alasannya simpel, destinasi wisata di kota ini tidak semuanya di lalui oleh kereta atau subway (baik JR Train ataupun Local Train), jadi Bus adalah andalan kalian selama di Kyoto. Hampir tiap 200-500 meter ada halte bus yang beroperasi tiap 2-5 menit sekali, bisa saja di depan penginapan kalian sudah ada halte bus, jadi gampang banget kan gak capek harus jalan dulu ke Train Station, yang tidak terlalu banyak.

Seberapa hematkah menggunakan Kyoto Bus One-Day Pass?

Oke, kita breakdown dulu ya. Ada 3 moda transportasi umum di Kyoto:

  • Train (Local dan JR)
  • Taksi (Sobat #MissQueen jangan harap naik ini deh baru buka pintu aja 300-500 yen)
  • Bus (mantap)

Jika menggunakan train, dari segi waktu memang lebih cepat, namun dari tarif antar station terdekat saja sekitar 120 yen. Jika kalian berangkat dari Kyoto Station ke Arashiyama Station (Bamboo Grove) itu sekitar 240 yen dan bolak-balik jadi 480 yen. Belum lagi kalian harus ke destinasi lanjutannya seperti Kiyomizu-dera temple yang tidak ada Train Station di dekatnya. Walaupun kalian sudah membeli JR Pass (cover biaya semua JR Train), tetap saja harus bayar lagi untuk naik bus ke Kiyomizu-dera ataupun Gion area (karena Bus di Kyoto tidak dikelola oleh JR). Namun, jika kalian membeli Kansai Thru Pass, Local Train dan Bus selama di Kyoto sudah di cover, tapi harga nya yang 2-day pass itu 4300 yen.

Menggunakan Taksi, ya silahkan di coba, karena saya masuk golongan sobat #MissQueen jadi tidak berani untuk naik ini. Tapi, keunggulannya yang pasti nyaman dan waktu yang efisien. Saya pernah menggunakan Taksi itu di Kobe, kami ber 4 namun jarak nya dekat sih hanya 5 menitan, 1200 yen di bagi 4.

Menggunakan Bus, jika kalian tanpa Kyoto Bus One-Day Pass atau pass lainnya, sekali naik itu 230 yen (adult), tidak masalah seberapa jauhnya. Nah, dalam sehari pasti kalian bakalan banyak naik turun bus kan, hitung saja misal 3 kali naik sudah 690 yen. Maka dari itu, Kyoto Bus One-Day Pass ini efektif banget untuk menghemat biaya transportasi selama di Kyoto.

Cara Membeli Tiket Kyoto Bus One-Day Pass

Ada 3 cara membeli Tiket Kyoto Bus One-Day Pass dan semuanya cukup mudah:

  1. Beli di Ticket Vending Machine khusus di Kyoto Station (bisa cek Youtube teman saya ini untuk caranya ya KLIK).
  2. Beli dari Driver Bus nya langsung ketika mau turun dari Bus (cukup bilang Buy Kyoto One-Day Bus Pass).
  3. Beli dari Penginapan kalian selama di Kyoto (Pass ini program pemerintah, jadi pasti tiap penginapan ada, harga sama).

Cara Mengetahui Nomor Bus yang tepat di Kyoto

Ini juga gampang banget, Jepang itu Google Maps-friendly banget, kalian bisa tahu rute moda transportasi umum apapun via aplikasi tersebut. Dari jalur kereta sampai halte dan nomor bus, lengkap dengan biaya nya yang tepat sekali (bukan kisaran atau perkiraan). Tinggal input misal titik awal Kyoto Station dan titik akhir Arashiyama Bamboo Grove, lalu pilih ikon yang mirip Kereta, akan muncul beberapa pilihan jalur antara jalur kereta dan Bus, tinggal pilih yang ikon Bus saja (ikon kereta dan bus nya hampir sama tapi yang bus biasanya ada nomor seperti contoh ini 28). Untuk detil nya nanti saya buat artikel khusus ya.

Google Maps Kyoto Bus 1
Google Maps Kyoto Bus 1
Google Maps Kyoto Bus 2
Google Maps Kyoto Bus 2

Nah sudah tahu manfaat dan cara membeli nya, kali ini saya akan bagikan itinerary yang pas untuk 1-2 hari menggunakan Kyoto Bus One-Day Pass, asumsi semua rute start dan finish di Kyoto Station ya.

Itinerary 1-2 Hari Kyoto Menggunakan Kyoto Bus One-Day Pass

Day 1:

  • Kyoto Station (Beli Kyoto Bus One-Day Pass)
  • Arashiyama Kimono Forest (Naik Bus no. 28 turun di Arashiyama Tenryuji-mae Bus Stop)
  • Togetsu-kyo Bridge (Jalan kaki karena dekat)
  • Arashiyama Monkey Forest (Jalan kaki)
  • Arashiyama Bamboo Grove (Jalan kaki)
  • Nonomiya Shrine (Jalan kaki)
  • Kinkakuji Temple (Arashiyama Station Bus Stop naik Bus no. 11, turun di Yamagoe Nakamachi Bus Stop, lalu naik Bus no. 59 turun di Kinkakujimae Bus Stop)
  • Ginkakuji Temple (Kinkakujimae Bus Stop naik Bus no. 102, turun di Ginkakuji-michi Bus Stop)
  • Philosopher’s Walk (Jalan kaki)
  • Gion – Yasaka Shrine (Ginkakujimae Bus Stop naik Bus no. 100, turun di Gion Bus Stop)
  • Kiyomizu-dera Temple (Jalan kaki)
  • Kyoto Station (Gojozaka Bus Stop naik Bus no. 100, turun di Kyoto Station)
Arashiyama Togetsukyo Bridge
Arashiyama Togetsu-kyo Bridge

Day 2:

  • Kyoto Station (Beli Kyoto Bus One-Day Pass)
  • Fushimi Inari (Naik Bus no. 105, turun di Inaritaishamae Bus Stop)
  • Nijo Castle (Inaritaishamae Bus Stop naik Bus no. 105, turun di Kyoto Station naik Bus no. 9 turun di Nijojomae Bus Stop)
  • Kyoto Imperial Palace (Nijojomae Bus Stop naik Bus no. 9 turun di Horikawanakatachiuri Bus Stop, jalan sedikit ke Palace)
  • Kyoto Recycle Kingdom (Jalan sedikit ke Karasumaimadegawa Bus Stop naik Bus no. 203, turun di Nishioji Shijo Bus Stop naik Bus no. 3 turun di Kyotogaidaimae Bus Stop, jalan sedikit)
  • Nishiki Market (Kyotogaidaimae Bus Stop naik Bus no. 3, turun di Shijotakakura Bus Stop)
  • Gion Shirakawa (Shijotakakura Bus Stop naik Bus no. 203, turun di Shijo Keihan-mae Bus Stop, jalan sedikit)
  • Kyoto Station (Jalan sedikit ke Shijokawaramachi Bus Stop naik Bus no. 205, turun di Kyoto Station)
Fushimi Inari Taisha
Fushimi Inari Taisha

Demikianlah cara saya memaksimalkan Kyoto Bus One-Day Pass selama 1-2 hari, jika kalian menggunakan rute saya ini, selama 2 hari kalian hanya perlu 1200 yen untuk transportasi, hemat banget kan. Semoga informasi saya ini berguna dan jika berkenan silahkan di share artikel ini. Terima kasih. 🙂

,
Loading...

About Deffa

Halo saya Deffa Utama, suka banget traveling dalam dan luar negeri dan juga antusias dalam hal dunia Digital Marketing. Selamat datang di Blog saya ini semoga berguna.
View all posts by Deffa →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *