Pengalaman Naik Willer Overnight Bus Tokyo-Kyoto/Osaka PP

Loading...

Halo semua apa kabar? Masih cerita tentang perjalanan saya dan teman-teman dari Surabaya Maret 2019 kemarin ke Tokyo-Kyoto-Osaka selama 7 hari, kali ini saya ingin berbagi penggalaman naik Willer Bus overnight Tokyo-Kyoto/Osaka PP. Moda transportasi ini saya pilih karena yang jelas murah dan bisa hemat penginapan minimal 1 malam. Mau tahu gimana caranya naik willer bus overnight Tokyo-Kyoto/Osaka PP? Simak terus ya artikel nya.

Cara Membeli Tiket Willer Bus Online

Saya mendapatkan tiket Willer Bus ini secara online dari website resmi nya. Tenang, website nya bahasa Inggris kok jadi mudah di pahami. Berikut langkah-langkah nya:

1. Masuk ke website Willer Bus di SINI.

2. Pilih One way atau Round trip (PP).

3. Pilih destinasi, klik From dan To, pilih nama kotanya misal From Tokyo To Kyoto.

4. Pilih Departure Date (tanggal keberangkatan).

5. Pilih jumlah penumpang, dibedakan berdasarkan gender, Male dan Female, lalu klik Search.

Willer Bus Website
Willer Bus Website

6. Akan ada beberapa pilihan jam keberangkatan dan harga dari Pukul 09:00 – 22:00 dan 3300 yen – 9000 yen, klik Select

Willer Bus Schedule
Willer Bus Schedule

7. Pilih terminal untuk keberangkatan dan ketibaan sesuai keinginan kalian, lalu klik Next.

Willer Bus Destinations
Willer Bus Destinations

8. Pilih tipe tempat duduknya, ada perbedaan harga untuk tiap jenis tempat duduk, lalu klik Select.

Willer Bus Seat Selection
Willer Bus Seat Selection

9. Halaman berikut nya sebagai konfirmasi data dan perihal pembatalan, klik Add to Shopping Chart.

Willer Bus Shopping Cart
Willer Bus Shopping Cart

10. Masuk ke Shopping Cart, cek kembali datanya dan klik Reserve.

11. Akan di alihkan untuk ke bagian pendaftaran akun, klik Register as New Member dan isi data-datanya. Untuk bagian Emergency Contact Number, isi saja no handphone kalian seperti 0899 666 777 888.

Willer Bus Membership
Willer Bus Membership

12. Setelah login, akan masuk lagi ke bagian reservation, cek kembali data-datanya lalu klik Next.

13. Masuk ke bagian Payment, hanya bisa dilakukan pembayaran Kartu Kredit, lalu klik Next.

Willer Bus Payment
Willer Bus Payment

14. Bukti Booking akan di email atau kalian bisa cek di akun Willer Bus kalian, jangan lupa di Print untuk nanti di tunjukkan ke Supir Bus nya.

Willer Bus Bukti Booking
Willer Bus Bukti Booking

15. Ketika sudah tiba di Terminal busnya, kalian bisa perlihatkan email bukti booking atau printan bukti bookingnya kepada petugas atau supir busnya langsung untuk di data.

Terminal Willer Bus di Tokyo

Seperti bisa dilihat di website nya, ada banyak terminal Willer Bus di area Tokyo, seperti di Tokyo Disneyland, Shinjuku Station, Tokyo Station ataupun di Ueno. Namun, kemarin saya memilih di Tokyo Station Marunouchi Kajibashi Parking Lot dan turun di Hotel Centnovum Kyoto Station.

Tokyo Station Marunouchi Kajibashi Parking Lot
Tokyo Station Marunouchi Kajibashi Parking Lot
Hotel Centnovum Kyoto Station
Hotel Centnovum Kyoto Station

Terminal Willer Bus di Osaka

Untuk keberangkatan dari Osaka ke Tokyo, terminal bus nya ada beberapa seperti di Umeda Sky Building, Universal Studio Japan ataupun di Namba Station. Kemarin saya pilih di Umeda Sky Building Tower East 1F dan turun di Shinjuku Expressway Bus Terminal (Shinjuku Station). 

Willer Bus Umeda Sky Building Terminal
Willer Bus Umeda Sky Building Terminal
Shinjuku Expressway Bus Terminal
Shinjuku Expressway Bus Terminal

Review Willer Overnight Bus

Alasan utama memilih bus adalah untuk berhemat biaya dari transportasi dan akomodasi. Jika kalian membeli nya dari jauh hari (6 bulan sebelumnya), Willer Express Bus ini sering ada promo, Tokyo-Kyoto start dari 3300 yen (one way), jadi jika kalian PP hanya 6600 yen (sekitar Rp. 700.000). Ditambah lagi, kalian bisa menghemat biaya penginapan 2 malam, yang 1 malam nya biasanya sekelas hostel bunk bed itu sekitar Rp. 400.000.

Bus yang saya pilih adalah tipe Relax (New), mungkin sama jenis nya dengan kelas Executive namun dengan harga paling murah. Deret kursi nya 2 kiri 2 kanan (seperti bus umumnya). Kursi dan busnya identik dengan warna pink, dimana tiap kursi adalah Reclining Seat yang cukup nyaman untuk tidur dan juga dilengkapi dengan semacam tudung di head rest, untuk menutup bagian kepala agar tidak kena cahaya.

Willer Bus Reclining Seat
Willer Bus Reclining Seat

Untuk leg space nya cukup luas, yang pasti lebih luas dari leg space nya AirAsia. Terdapat colokan listrik di tiap kursi/dinding. Supir Bus ada 2 orang, yang bergantian. Disediakan selimut untuk kita tidur.

Willer Bus Leg Space
Willer Bus Leg Space

Setelah 2 kali naik Willer Overnight Bus ini (Tokyo-Kyoto, Osaka-Tokyo), saya simpulkan cukup nyaman untuk perjalanan malam. Dimana, tempat duduk dan leg space yang nyaman untuk tidur. Namun, kembali lagi ke kondisi badan ya, karena perjalanan one way ini ditempuh selama 8 jam, jadi capek itu sudah pasti, apalagi jika jadwal kita cukup padat di destinasi yang dituju.

Overall, saya sih nyaman aja dengan harga yang murah dan perjalanan nya. Secara pribadi, fisik saya masih mumpuni untuk melakukan perjalanan menggunakan Overnight Bus ini, namun saya tidak menyarankan jika kalian membawa bayi/anak-anak dan orang tua.

Oh ya, jika kalian mau memilih terminal bus nya, saya sarankan jika dari Tokyo di Shinjuku Expressway Bus Terminal dan jika dari Osaka di Umeda Sky Building, karena terdapat ruang tunggu yang cukup nyaman. Sedangkan di beberapa terminal lain itu hanya ruang tunggu kecil, bahkan terkadang hanya halte saja.


Demikianlah pengalaman saya naik Willer Overnight Bus. Semoga bisa membantu kalian dalam memilih moda transportasi selama di Jepang yang sesuai budget. Terima kasih dan silahkan di share. 🙂

,
Loading...

About Deffa

Halo saya Deffa Utama, suka banget traveling dalam dan luar negeri dan juga antusias dalam hal dunia Digital Marketing. Selamat datang di Blog saya ini semoga berguna.
View all posts by Deffa →

2 thoughts on “Pengalaman Naik Willer Overnight Bus Tokyo-Kyoto/Osaka PP

  1. Mau nanya donk kak. Utk tempat duduknya cowo dan cewe itu dipisah ya walau suami istri? Trus sampe di lokasi tujuan tepat waktu ga sesuai dengan jam yg tertulis pada saat membeli tiketnya? Blz y

    1. Kalau suami istri, lebih baik pilih kursinya bagian cowok saja, karena gak ada pilihan untuk suami istri di webnya. Untuk ketepatan waktu, kemarin sih tepat waktu telat 15 menitan kah, cuma kan ini bus ya, jadi gimana kondisi di jalan aja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *