Shopping di Ueno Ameya-Yokocho, Tokyo

Loading...

Halo apa kabar semua? Kembali melanjutkan cerita jalan-jalan di Jepang awal Maret lalu, kali ini bercerita tentang sebuah area kecil di kota Tokyo yang terkenal dengan surga belanja nya yaitu Ueno Ameya-Yokocho. Yap, lokasinya berada dekat dengan JR Ueno Station dan Ueno Park, menjadikan tempat ini salah satu favorit wisatawan Indonesia, apalagi yang suka shopping karena memang harganya disini yang relatif murah. Seperti apa pengalaman shopping di Ueno Ameya-Yokocho? Simak cerita nya.

Shopping di Ueno Ameya-Yokocho, Tokyo

Shopping-di-Ueno-Ameya-Yokocho

Sejarah singkat Ameya-Yokocho

Ameya-Yokocho yang biasa disingkat menjadi Ameyoko ini bermakna Jalan Penjual Permen, karena dari dulu sampai sekarang kalian bisa menemukan penjual permen tradisional Jepang disini. Juga kata Ame diartikan sebagai America, karena pada jaman Perang Dunia Kedua, jalan ini dijadikan Black Market menjual produk-produk dari Negeri Paman Sam tersebut. Sekarang, bermacam produk dari berbagai negara dijual disini dan tentunya juga kuliner khas Jepang.

Ameyoko Street
Ameyoko Street

Awal mula Ueno Ameya-Yokocho menjadi trend bagi Wisatawan Indonesia.

Mungkin sebelum tahun 2015, kalau kita berbicara tentang Ueno tidak jauh dengan Ueno Parknya, karena salah satu lokasi Sakura Viewing yang paling bagus di Tokyo. Namun, dengan menjamur nya info viral di Social Media, yang khususnya Facebook Group para travellers, terungkaplah salah satu spot surga belanja ini.

Dari postingan member-member dari grup Komunitas Jalan2 Indonesia, Globe Travellers dan Backpacker International, muncullah satu nama daerah yang kemudian jadi trend yaitu Ueno Ameya-Yokocho ini. Seingat saya dulu dimulai dari Kang Oka Mukti (masternya wisata Jepang nih, salut) yang sering membicarakan tempat ini, dan diikuti oleh member lainnya juga, termasuk saya.

Akhirnya, ya seperti yang kita ketahui sekarang, seperti ada pepatah “Gak lengkap ke Tokyo kalau gak shopping di Ueno Ameya-Yokocho”. Saya akui, disini barang-barangnya relatif murah dan juga banyak branded, yang saya cukup yakin dengan keaslian barang tersebut (setahu saya Jepang melarang penjualan barang KW). Satu hal lagi yang mungkin jadi poin penting bagi Wisatawan Indonesia adalah banyak toko disini yang harganya bisa di tawar, jadi makin seru untuk berbelanja.

Lokasi Ueno Ameya-Yokocho

Sangat mudah, karena seperti saya tulis di atas, lokasinya dekat dengan JR Ueno Station dan Ueno Park. Dari JR Ueno Station (bisa menggunakan JR Yamanote Line), keluar melalui Shinobazu Exit (South Gate), menyebrang zebra cross ke arah kiri (karena ke arah lurus akan menuju Ueno Park) dan kalian akan melihat gerbang Ueno Ameya-Yokocho sebagai tanda area awalnya.

Gerbang Ameyoko
Gerbang Ameyoko

Ada apa saja di Ueno Ameya-Yokocho?

Banyak sekali, yang pasti surga belanja yang berdekatan dengan tempat wisata. Berikut beberapa spots yang wajib kalian kunjungi baik itu shopping atau tempat wisata di area ini:

1. Ueno Park

Tidak lengkap kalau sudah di Ueno tidak kesini terlebih dahulu, kalian bisa menyaksikan keindahan Bunga Sakura di Musim Semi ataupun suasana Momiji di Musim Gugur. Dari JR Ueno Station, keluar Shinobazu Exit (South Gate), menyebrang zebra cross ke arah lurus.

Sakura di Ueno Park
Sakura di Ueno Park

2. Ameyoko Center Building

Ketika kalian sudah melewati gerbang dari Ameyoko ini, tidak lama kalian akan bertemu dengan pertigaan. Nah, ditengah-tengah nya ini terdapat sebuah gedung yang dinamakan Ameyoko Center Building, disini salah satu spot wajib untuk berfoto.

Ameyoko Center Building
Ameyoko Center Building

3. Cari tas Anello ya ke My Bag

Nah, berkat Kang Oka Mukti, nama salah satu toko tas di Ameyoko ini sangat lah terkenal di kalangan Wisatawan Indonesia. My Bag, sebuah toko kecil yang khusus menjual tas dengan berbagai brand, namun yang paling terkenalnya adalah brand Anello. Pemilik toko yang bernama Inaba ini sangat ramah yang ternyata sudah cukup mahir berbahasa Indonesia dan juga sedikit Sunda loh (Kayaknya Kang Oka Mukti yang ajarin Sunda nih :D).

Untuk lokasi nya, dari Ameyoko Center Building tadi, kalian ambil yang jalan kiri, tidak berapa lama sekitar 200 meter, toko nya dengan tulisan My Bag spanduk warna orange ada di sebelah kanan kalian, tepat di sebelah Oskar Kebab.

Toko My Bag
Toko My Bag

Satu hal lagi yang unik di toko ini kalian bisa mendapatkan diskon yang cukup lumayan jika menyebutkan satu password ke beliau yaitu OKASAN. Ya, cukup password itu saja, saya kemarin membeli 2 pouch Anello seharga @1000 yen, diberikan diskon 500 yen, lumayan kan. Menurut cerita beberapa orang ada yang dapat diskon lebih dari itu.

Inaba-san Pemilik Toko My Bag
Inaba-san Pemilik Toko My Bag

4. Sneakerhead Heaven

Saya pernah menulis tentang hunting sepatu sneakers Onitsuka dan Vans di Osaka dan Tokyo. Nah, di Ameyoko ini hampir sepanjang jalan berisikan toko sepatu dari berbagai premium brand seperti Vans, Adidas, Skechers, Nike, New Balance dan Converse. Dengan harga yang relatif lebih murah dari Indonesia dan saya cukup yakin dengan keasliannya, worth banget kalian hunting sneakers disini dan ingat harga yang tertera masih bisa ditawar loh.

New Balance Price Down to 2990 Yen
New Balance Price Down to 2990 Yen

5. Oskar Kebab

Nah, kalau lapar dan pengen ngemil pas lagi belanja jangan lupa cobain nih Oskar Kebab (Halal). Lokasi nya tepat di sebelah toko My Bag nya Inaba-san. Harganya start dari 500 yen. Walaupun toko nya kecil tapi yang antri mayan banyak loh, dan juga jangan takut dengan kendala bahasa karena ada pelayan yang bisa berbahasa Indonesia kok. Pasti nya juga Halal, oh ya di depan Oskar Kebab ini juga ada toko jual Chicken Rice Halal buat referensi.

Oskar Kebab Ueno Halal
Oskar Kebab Ueno Halal

6. Cari Souvenir dan Kosmetik di Kanariya

Lokasi nya dekat gerbang masuk Ameyoko, namun terdapat sebuah gang yang khusus menjual pernak-pernik serta kosmetik ini bernama Kanariya. Dengan harga yang relatif murah kalian bisa borong untuk oleh-oleh.

Kanariya Ueno
Kanariya Ueno

7. Untuk Barang Fashion Cewek ke Pop Girl

Disini walaupun tidak bisa ditawar tapi sering ada promo dari 50-90%, kemarin pas saya lewat lagi ada promo spring 70% off. Sekilas lihat baju yang dijajakan di area depan tokonya ada yang seharga 300 yen, worth banget kalau kalian mau borong.


Demikianlah beberapa hal yang wajib kalian tahu, lihat dan lakukan di area Ameya-Yokocho ini. Dari cari oleh-oleh sampai ke barang premium ada disini jadi kalau ke Tokyo sempatkan lah ke area Ueno ya. Semoga berguna dan silahkan di share. 🙂

,
Loading...

About Deffa

Halo saya Deffa Utama, suka banget traveling dalam dan luar negeri dan juga antusias dalam hal dunia Digital Marketing. Selamat datang di Blog saya ini semoga berguna.
View all posts by Deffa →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *