Jalan2 Uye, Kuala Lumpur Melayu Yang Modern

Hola Deffa Here !!!

Kali ini mau nulis Field Report, perjalanan 10 hari saya ke 3 Negara : Malaysia-Thailand-Singapore

Karena banyak jadi akan saya pecah menjadi 3 bagian cerita. Semoga bermanfaat bagi yang mau kesana untuk pertama kali, karena saya akan tulis se detil mungkin 😀

13 Februari 2014

Dengan berbekal tiket Promo Air Asia 100 ribu rupiah Jakarta-Kuala Lumpur saya berangkat pukul 16.35 WIB

Pesawat take off Soekarno Hatta – Kuala Lumpur International Airport (LCCT). Karena merasa lapar saya pesen lah Nasi Goreng Teri di Onboard Flight seharga 10 RM. Lumayan lah 😀

19.35 WITA sampai di LCCT Kuala Lumpur disini cek imigrasi. Ya namanya juga Low Cost Carrier Terminal (LCCT) jadi agak kurang bagus penampakannya. Selesai imigrasi langsung menuju ke Terminal SKY BUS untuk berangkat ke KL Sentral. Oiya harga tiketnya 10 RM tapi kalo kalian booking via Air Asia jadi cuma 7.50 RM lumayan kan.

Perjalanan sekitar 1 jam lebih akhirnya sampai di KL Sentral sekitar pukul 21.20 WITA. Oiya KL Sentral ini terdapat beberapa Train (LRT. KOMUTER, KLIA Express, MRT, KTM, MONORAIL) semuanya itu ter integrasi oleh 1 perusahaan yaitu RAPID KL termasuk BUS dalam kota nya. Nah khusus untuk KL MONORAIL kita harus keluar dari KL Sentral nyebrang jalan, perkiraan sekitar 300 meter untuk sampai ke KL MONORAIL.  Penginapan saya sudah book via Agoda di Funky Guest House di Jalan Rembia dekat Jalan Alor seharga 133 RM untuk 2 malam. Jadi permalam 66.5 RM lebih murah daripada walk in yang 80 RM

Lanjut dari KL SENTRAL MONORAIL – BUKIT BINTANG MONORAIL tiket seharga 2.10 RM. Turun di BUKIT BINTANG STATION MONORAIL, jalan ke arah Alor Street sekitar 500 meter sudah rame dengan pedagang makanan, Yup karena disini adalah surga Kulinernya KL. Saya putuskan untuk check ini dulu. Penampakan Guest House yang seperti guest house biasanya dan pemilik nya adalah Muslim India jadi ya begitulah. Kamar nya cukup, AC dingin, Kamar mandi kecil tapi bersih, tidak ada TV dan Breakfast.

Sekitar pukul 22.30 WITA saya langsung cari makan di Jalan Alor karena sudah lapar, akhirnya saya putuskan untuk makan di salah satu kedai disana menu nya Nasi Lemak + Es Teh Tarik = 7.5 RM. FYI disini kebanyakan Chinese Food yang belom tentu HALAL bagi Muslim tapi ada beberapa kedai yang HALAL biasanya penjual nya keturunan India bisa dicoba. Untuk harga rata2 disini sama saja start dari 5 – 20 RM.

Udah kenyang sekitar pukul 23.40 WITA saya putuskan untuk balik ke Guest House istirahat

14 Februari 2014

Yiha Valentine Days hahahahah iya keles 😛

yup ini hari kedua di KL planning udah mantap dengan itinerary. Oiya karena di Guest House gak ada sarapan jadi beli Sarapan Roti + Air Mineral di Sevel = 3.20 rm

Pukul 11.00 WITA target pertama saya udah jelas kemana lagi kalo bukan PETRONAS TWIN TOWER, ke KL gak kesini kayaknya gak lengkap kan. Cek dan ricek ternyata dari BUKIT BINTANG bisa jalan kaki dan gak jauh juga. Yaudah saya jalan ditengah jalan lagi ada parade Barongsai mungkin masih dalam suasana Imlek disini

Patokan untuk ke PETRONAS TWIN TOWER dari BUKIT BINTANG MONORAIL kita ambil jalan ke arah PAVILION MALL nah didepan Mall ambil jalan sebelah kiri tar ketemu jalan khusus penghubung antara Pavilion-KLCC-Petronas Twin Tower

Ok selama di dalam Pavilion Walk tersebut saya cukup terkesima dengan pembangunan Malaysia, saya kepikiran kalo ada terowongan dengan banyak orang lalu lalang gini di Indonesia pasti udah penuh dengan Jualan dan Pengemis 😛

Akhirnya sampai di ujung Pavilion Walk yang ternyata langsung tembus di depan KLCC, ada petunjuk yang mengarah ke PETRONAS TWIN TOWER harus lewat KLCC yaudah saya masuk. Di KLCC ini ya semacam mini mall lah ada Food Court dan ada KLCC Aqua Park nya juga.

Tembus dari KLCC Tower ternyata langsung ke KLCC PARK dari sini udah keliatan jelas tuh PETRONAS TWIN TOWER nya tinggal jalan dikit aja.

Oiya di depan KLCC PARK ini ada air mancur buatan yang tiap beberapa menit sekali melakukan manuvernya 😀

Puas poto2 di depan air mancur saat nya masuk ke PETRONAS TWIN TOWER. Pertama kali saya masuk ke dalam gedung nya ya kayak gedung kantoran + mall dah, ada penampakan Formula 1 Petronas juga. Lurus terus akhirnya keluar dari Petronas Building dan sampe di depan PETRONAS TWIN TOWER nya poto2 bentar biar lengkap hehehe

Lanjut masuk ke Petronas Building nya untuk cari tahu naik ke atas TWIN TOWER nya. Ternyata ticketing nya ada di Lantai Bawah dan setelah saya cek Tiket untuk hari itu Sold Out jadi cuma bisa untuk besok, karena saya besok udah ada plan ya udah gak papa deh poto2 di dalam Booth Twin Tower aja + beli Es Krim Milo yang terkenal itu seharga 1.60 RM. Oiya untuk tiket naik Twin Tower nya perorang 80 RM.

Pukul 13.30 WITA udah mulai kelaparan neh kayak nya asik kalo cari kulineran ke daerah PETALING STREET Chinatown nya Kuala Lumpur cus berangkat. Oops disini saya lagi2 sok tau dan akhirnya nyasar, saya pikir Petaling Street itu di PETALING jadi saya ambil monorail Raja Chulan – KL Sentral 2.10 RM terus lanjut ambil Komuter dari KL Sentral – Petaling 1 RM. Dan apa yang terjadi pemirsa ternyata ini adalah Petaling Sub Districtnya Kuala Lumpur, yang saya tuju adalah Jalan Petaling yang tinggal turun 2 station aja dari Bukit Bintang damn 😛

Ok akhirnya balik lagi ke KL Sentral pake Komuter dengan 1 RM kali ini langsung menuju Monorail KL Sentral – Maharajalela 1.60 RM. Sempet moto Sri Mariaman Temple dari atas Monorail keren juga.

Jalan dikit ke arah penunjuk jalan Chinatown sampe deh di Petaling Street lagi pada siap2 buka toko nya kayaknya neh, jadi saya cari aja langsung makanan Food Courtnya disini. Saya makan yang prasmanan Nasi + Ayam + Sayuran + Chinese Tea = 6 RM. Agak lebih murah dari Jalan Alor. Oiya karena Petaling Street ini deket dengan Central Market jadi saya melipir bentar untuk cari tempelan Kulkas Petronas Twin Tower lumayan 2 biji 10 RM 😀

Next sekitar pukul 16.00 WITA saya jalan kaki menuju ke MEDAN SQUARE (Dataran Medan), karena ya tidak begitu jauh dari Petlaing Street ini. Sampai di Medan Square langsung menuju Kuala Lumpur City Gallery (Free Entry) disini kita dapet semua info tentang Kuala Lumpur dan mereka juga punya maket kota Kuala Lumpur serta panduan2 wisata2 di KL GRATIS.

Di sebelah nya KL City Gallery ini ada MEDAN SQUARE, BANGUNAN SULTAN ABDUL SAMAD, ST MARY’S CATHEDRAL, VICTORY FOUNTAIN.

Sekitar pukul 16.30 WITA temen saya mas Samsudinzn dari Purwokerto kebetulan juga berada di KL dan kita janjian di Mesjid Jamek, langsung saya jalan kaki kesana karena deket saja. Dan sampe disana langsung bertemu beliau sambil nenteng minuman Orange Juice yang bikin saya ngiler akhirnya beli juga yang Blackcurrant dari penjaja makanan di deket situ seharaga 2 RM 😀

Pukul 17.00 WITA akhirnya saya dan mas Samsudinzn putuskan untuk berangkat langsung ke Batu Caves biar gak ke malaman. dari LRT Mesjid Jamek – KL Sentral 1.30 M sajo. Lanjut pake Komuter KL Sentral – Batu Caves 2 RM. Perjalanan sekitar 20 menitan lebih lah. Pas sampe ternyata Batu Caves nya pas di depan Train Station, disana langsung kita putuskan untuk mendaki itu tangga sampe Puncak, tes fisik bahahahahah 😛

Setelah menaklukan Batu Caves sampai puncak (Gua) akhirnya kita putuskan untuk pulang ke Bukit Bintang Pukul 19.00 WITA perjalanan Batu Caves – KL Sentral 2 RM Lanjut Monorail KL Sentral – Bukit Bintang 2.10 RM. Mas Samsudinzn ternyata stay di Hotel deket Monorail Bukit Bintang dan kita berpisah disini saya menuju Penginapan saya 😀

Beres istirahat mandi pukul 21.00 WITA perut lapar saatnya wisata kuliner lagi di jalan Alor. Kali ini saya cobain Nasi Goreng Kampung + Es Teh = 7.5 RM. Enak Pedas Gurih itu rasanya hehehe. Kebetulan di Jalan alor ini lagi ada festival Imlek nampaknya ada Barongsai Naga, Kembang Api dll.

Pukul 23.30 WITA saya akhirnya balik ke hotel dan istirahat buat besok prepare Day 3 di Kuala Lumpur 😀

15 Februari 2014

Yup bangun pagi agenda terbesar hari ini adalah ke Bandara LCCT buat flight ke Bangkok pukul 19.00 WITA. Namun ada kesialan terjadi adaptor Laptop saya rusak kayak nya korslet, ya akhirnya saya putuskan untuk beli adaptor dlo di Electronic Mall deket Bukit Bintang namanya Low Yat Plaza, masuknya daerah Imbi seh tapi deket dari penginapan saya, jadi jalan kaki saja.

Sampe di Low Yat Plaza pukul 12.30 WITA hunting2 adaptor akhirnya dapet yang lumayan murah 65 RM original. Sambil ngabisin waktu saya putuskan makan siang dlo aja kebetulan di KFC ada Lunch Treat (12 – 3 PM) paket kombo nya Nasi Kuning + Ayam + Salad + Cola = 6.50 RM

Beres makan siang sekitar Pukul 13.30 WITA saya putuskan untuk ke ISTANA NEGARA, berangkat monorail Bukit Bintang – Tun Sambanthan 1.60 RM. Nah dari sini saya dikasih tau oleh salah satu security Monorail yang baik hati kalo kita harus jalan kaki sekitar 15 menitan untuk ke ISTANA NEGARA. Berangkat jalan kaki lah saya, sampe disana ternyata lagi ada semacam upacara atau apalah jadi ISTANA NEGARA gak bisa di masukin. Tapi cukup lah poto2 di depan nya, oiya untuk tiket masuk ISTANA NEGARA dan Kompleks nya 50 RM

Ok udah pukul 16.00 WITA nampaknya udah cukup lah buat ke airport. Jalan lagi ke Monorail Tun Sambanthan tapi kali ini saya lanjutin jalan kaki ke KL Sentral karena emang deket cuma beda 1 blok doank. Beli tiket SKYBUS ditempat 10 RM sekali jalan.

Sampe di Airport LCCT sekitar pukul 17.30 WITA lumayan lah killing time makan French Fries + Cola di Mc Donald seharga 5 RM.

Pukul 19.00 WITA Boarding Air Asia menuju Negara kedua yaitu Thailand kota Bangkok 😀

Ditunggu lanjutannya Thailand – Singapore ya 😀

Kesan saya di Kuala Lumpur, kota yang mayoritas Muslim dan mengikrarkan sebagai negara Islam namun menghormati setiap agama, budaya yang berbeda. Sampai ke hal makanan / etnic yang berbeda.

Kuala Lumpur kota yang modern dan sangat memudahkan warga dan turis akan sarana dan prasarana nya.

Tips di Kuala Lumpur, biasakan untuk berjalan kaki dan untuk menghemat biaya biasakan naik MRT / Bus My Rapid yang sangat ter integrasi dengan baik satu sama lain. Selalu bawa minum karena udara di KL hampir sama panasnya dengan Jakarta namun tidak bikin lengket kulit. Air minum botolan yang pas dan murah merk Spiritizer dijual di Seven Eleven seharga 1.60 RM. 😀

Untuk internet kalo kalian jalan2 cuma 3 hari di KL cukup pake provider XL, tapi harus di aktifin dlo paket internet 1 bulan yang 50 ribu juga gak papa di Indonesia ya. Nanti dapat free internet selama 3 hari. Kalo lebih dari 3 hari mending beli Provider lokal Digi ada paket 35 RM isi nya internet quota 1,5 giga untuk 2 bulan, bisa di beli di Airport, Sevel dll 😀

Jangan lupa di Follow ya Blog saya ini 😀

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About Deffa

Halo saya Deffa Utama, suka banget traveling dalam dan luar negeri dan juga antusias dalam hal dunia Digital Marketing. Selamat datang di Blog saya ini semoga berguna.
View all posts by Deffa →

3 thoughts on “Jalan2 Uye, Kuala Lumpur Melayu Yang Modern

1. Pingback: Jalan2 uye, Kuliner + Jalan Jalan + Shopping = Bangkok | Deffa Utama