Jalan2 Uye, Apply Visa Jepang Itu Mudah Kawan (Updated)

Loading...

Hola Deffa Here !!!

Cuma mau share sedikit pengalaman kemaren Apply Visa Jepang Kunjungan Sementara Dana Pribadi, untuk keberangkatan 19 – 23 november 2014. Jadi singkat cerita saya mengikuti info yang di berikan oleh mas @kyosash di SINI. Dan memang pas loh info nya ini saya quotes dikit bagian yang perlu di perhatikan ya

visa6

 

Pengurusan Visa

Hari Senin Pagi sekitar jam 09.30 saya menuju ke Kedutaan Besar Jepang yang berada di Jl. M.H. Thamrin No. 24, Jakarta Pusat (10350)  Tel: +62-21-31924308, di dekat Grand Indonesia Mall & eX Plaza.

Jam Untuk Penyerahan Visa: 08:30-12:00(Senin-Jumat); (Sabtu dan Minggu Libur)

NOTE : disarankan datang untuk menyerahkan formulir jam 9 ke atas, dikarenakan para jasa/travel agent hanya diberikan waktu ½ jam saja mulai dari 08.30 – 09.00 pagi.

Begitu masuk ke dalam ruangan, saya langsung mengambil tiket antri, lalu melihat papan nomor antrian,

wah masih 25 orang lagi bakalan lama nih..,disini ada 3 counter untuk WNI  dan 1-2 counter untuk Warga  Jepang, tidak sampai 10 menit menunggu nomor antrian saya dipanggil, wah cepat juga ^^

Saya menyerahkan formulir untuk kategori “Visa Kunjungan Sementara untuk Tujuan Wisata dengan Biaya Sendiri “

  1. Paspor.
  2. Formulir permohonan visa. [bisa download di webnya] dan Pasfoto terbaru (ukuran 4,5 X 4,5 cm, diambil 6 bulan terakhir dan tanpa latar, bukan hasil editing, dan jelas/tidak buram)
  3. Foto kopi KTP
  4. Bukti pemesanan tiket PP
  5. Jadwal Perjalanan [bisa download di webnya ](semua kegiatan sejak masuk hingga keluar Jepang)
  6. Fotokopi kartu keluarga, akta lahir (ini diperlukan karena saya hanya menyerahkan satu rekening saja untuk bertiga sebagai keluarga)
  7. Dokumen yang berkenaan dengan biaya perjalanan (Berkas2 Hotel booking selama di Jepang)
  8. Fotokopi bukti keuangan, rekening Koran atau buku tabungan 3 bulan terakhir

NOTE : sebisa mungkin waktu menyerahkan data dan formulir ini, sesuai dengan urutan-nya.

Untuk syarat lengkapnya bisa lihat disini

Contoh Itinerary yang saya lampirkan kemarin

sml_gallery_33_116_59285.jpg

Setelah dicek berkas2nya oleh petugas lalu saya diberikan slip kertas untuk dibawa lagi 3 hari kemudian.

Hari Kamis siang saya pergi ke Kedutaan Besar Jepang untuk mengetahui hasilnya,

Jam Untuk Pengambilan Visa:13:30-15:00(Senin-Jumat); (Sabtu dan Minggu Libur)

Setelah masuk kedalam ruangan dan mengambil nomor antrian,  setelah menunggu 10 menit nomor antrian saya dipanggil, lalu saya memberikan slip kertas ke petugas, kemudian langsung diserahkan paspor beserta visa yang tertera didalam-nya. Lalu membayar @ Rp 350.000,- untuk visa-nya.

Jangka waktu masa berlaku Visa adalah 3 bulan, yang hanya bisa digunakan untuk 15 hari.

Kesimpulan saya untuk membuat Visa adalah cukup mudah dan tidak memakan banyak waktu.

Kalian tinggal ikutin aja cara di atas sangat lah gampang pengalaman saya kemaren apply visa, ketika datang dapat no antrean ke 55 sedangkan no yang sedang berlangsung no antrean 50. Hebat nya tidak sampai 10 menit saya sudah di panggil dan dalam hitungan menit saja semua sudah beres dan saya dikasih semacam struk untuk di bawa 3 hari kemudian untuk pembayaran Visa nya. Mudah dan tidak buang-buang waktu kan.

Terus saya coba bertanya untuk MINIMAL SALDO ke Jepang itu berapa ke Petugas nya dan dia jawab Minimal Saldo tidak berpengaruh, yang penting Cash Flow (pergerakan uang) yang terjadi pada Rekening tersebut selama 3 bulan terakhir. Beliau bercerita bahwa pernah ada yang apply visa dengan saldo cuma 1 juta dan dia lolos untuk Visa Jepang, karena Cash Flow nya bagus. Apalagi jika kalian seorang karyawan yang tiap bulan menerima gaji gak perlu khawatir dengan MINIMAL SALDO karena tidak terlalu berpengaruh.

Beliau juga menjelaskan malah jika saldo kalian dengan rekening yang besar namun statik tanpa ada nya atau minim Cash Flow dalam 3 bulan terakhir itu tidak menjamin akan lolos, karena akan di anggap itu uang mengendap atau titipan dalam rekening.

Oiya terus perlu di perhatikan jika kalian membuat Visa untuk orang lain yang tidak ada Hubungan Keluarga misal nya Teman atau Pacar. Diwajibkan untuk membawa Catatan Koran Rekening Masing-Masing jadi tidak bisa menggunakan Satu rekening saja, kecuali jika hubungan keluarga bisa satu rekening dengan melampirkan Kartu Keluarga

Oiya berdasarkan ketentuan baru Visa Jepang turun harga dari 350 ribu menjadi 320 ribu per 1 April 2014

Mungkin ini karena Desember mulai Free Visa untuk WNI yang menggunakan E-Passport ya

visa5

Sekian sedikit informasi tambahan tentang mudah nya Apply Visa Jepang semoga bisa membantu yang lain ya

UPDATE

Semenjak 2017 lalu untuk pengajuan Visa Jepang berupa Kunjungan Wisata sudah tidak di Kedutaan Jepang lagi melainkan di VFS Global. Untuk harganya ada perbedaan sedikit dengan yang di Kedutaan Jepang. Kedutaan Jepang hanya menerima untuk Pengajuan Cap Visa Waiver saja. Jadi, jangan salah lokasi ya. Untuk info lengkap nya bisa masuk ke website VFS Global.

, , , , , , , , , ,
Loading...

About Deffa

Halo saya Deffa Utama, suka banget traveling dalam dan luar negeri dan juga antusias dalam hal dunia Digital Marketing. Selamat datang di Blog saya ini semoga berguna.
View all posts by Deffa →

6 thoughts on “Jalan2 Uye, Apply Visa Jepang Itu Mudah Kawan (Updated)

  1. Halo gan. Maaf mau nanya.
    Karena kita sudah sertakan tiket pp jkt jpn
    Dan seratakan booking hotel
    Otomatis itu semua sudah kita beli duluan
    Jka tdk di setujui krn saldo tabungan kita kecil
    Dan visa tdk keluar
    Berarti mau gak mau semua yg sudah di beli hangus ya gan.

    Atau ada cara lain agar tdk hangus?
    Mohon info nya. Terima kasih

    1. Ya hangus, tapi kans nya kecil kok untuk tidak di setujui. Karena sekarang sudah mudah banget Apply Visa Jepang. Kalau mau lebih yakin mending ganti ke E-Passport dan cap Visa Waiver di Kedutaan Jepang. Itu sudah pasti Free Visa, baca tulisan saya yang ini: http://deffautama.com/2017/03/29/10-tips-mudah-membuat-e-paspor-di-jakarta/

      FYI, apply Visa Jepang sekarang bukan di Kedutaan Jepang lagi melainkan via VFS, itu bisa di Google saja, tapi persyaratan dan caranya tetap sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *